Kepergok Mencuri, Nekad Habisi Nyawa Saksi

JAYAPURA – Akibat aksinya yang diduga hendak melakukan  pencurian kepergok, seorang pemuda berinisial  DT (21) nekat melakukan penikaman yang berbuntut pada tewasnya saksi bernama Adi Sujana (34). Korban tewas di rumah kos-kosan di Perumahan Melati Blok H1 Kotaraja Luar.  Tim Opsnal  Polsek Abepura yang melakukan penyelidikan singkat akhirnya berhasil menangkap pelaku  yang ketika itu bersembunyi  di dalam  kamar kosnya yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Dari kronologis yang diperoleh, diketahui peristiwa ini terjadi sekitar pukul 19.25 WIT di kos-kosan di Perumahan Melati, Kotaraja.  Awalnya sekitar pukul 15.30 WIT saksi bernama Dwi  menerima SMS dari rekan korban bernama Dede Egi Suprayogi yang isinya menyebut jika  korban akan datang ke kos-kosan untuk mengambil Drone. Lalu sekitar pukul 19.15 WIT korban bersama dengan saksi bernama Riki tiba di kos-kosan milik saksi Egi  kemudian menemui Dwi untuk meminta kunci kamar Egi. Saat membuka pintu, korban yang bekerja di BPK Papua ini kaget karena melihat pelaku berada di dalam kamar kos dan memegang Drone, sehingga secara spontan korban berteriak pencuri.

Karena panik diteriaki pencuri,  pelaku langsung mengeluarkan pisau dari balik bajunya dan langsung melakukan penikaman kepada korban. Disini korban dikatakan sempat melakukan perlawanan hingga akhirnya terjatuh di lorong masuk kamar kos. Diduga disitulah korban dihabisi.

Lalu sekitar pukul 19.30 WIT mendengar adanya teriakan dari kamar kos di belakang belakang rumah, saksi Dwi keluar dari dalam rumah dan melihat korban sudah dalam keadaan tertelungkup bersimbah darah. Iapun menyampaikan ke warga yang kemudian dilaporkan ke Polsek Abepura.

Anggota Polsek Kota Abepura yang dipimpin Wakapolsek, AKP Teguh Wahyudi, SH tiba di TKP, selanjutnya mengamankan TKP. Proses pengungkapan pelaku dimulai saat memeriksa kamar kos yang berada di pojok depan kamar mandi, ternyata pintu kamar kos dalam keadaan terkunci dan pada saat anggota Polsek Kota Abepura memanggil-manggil juga tidak ada jawaban.
Namun  ketika Polisi hendak kembali ke dalam rumah untuk meminta keterangan kepada saksi, tiba – tiba pelaku membuka kain gorden jendela, sehingga pintu Kamar kos langsung didobrak oleh anggota Opsnal dan tanpa menunggu lama langsung  menangkap pelaku di dalam kamarnya.

“Hasil interogasi kami modusnya ingin mencuri drone tapi kepergok. Nah saat kepergok inilah ia langsung melakukan penikaman,” kata Kapolsek Abepura, AKP Dionisius Helan SIK tadi malam. Ia bersyukur karena ketajaman felling tim Ospnal yang bisa membaca situasi dan meyakini bahwa pelaku bukan orang jauh melainkan masih ada di sekitar lokasi. “Untuk perbuatannya bisa disebut pencurian dengan kekerasan,” kata Kapolsek.

Namun saat pelaku akan dibawa ke Polsek ternyata massa mulai panas dan ingin menghakimi pelaku sehingga anggota Brimob ikut diturunkan amankan situasi.

Sementara itu, Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas  menyebutkan kasus yang terjadi di Kompleks Pemda Melati Kotaraja pada Selasa (31/7)  malam merupakan pencurian dengan kekerasan hingga menyebabkan korban atas nama Ajid Sujana meninggal dunia.

Dikatakan, kejadian itu berawal ketika korban mendatangi kamar kos temannya yang dimintai tolong untuk mengambil dokumen kantor lantaran dirinya sedang berdinas di luar kota. Namun saat korban masuk ke dalam kamar,  korban mendapati pelaku dengan insial DT sedang melakukan pencurian pada barang-barang  yang ada dalam kamar tersebut.

“Melihat pelaku berada dalam kamar temannya, korban lantas berteriak  pencuri-pencuri dengan maksud meminta pertolongan pada penghuni kos lainnya. Teriakan itu lantas membuat pelaku panik dan berupaya menghentikan teriakan korban tersebut  dengan mengambil sebilah pisau yang ada di kamar kos  dan menusukkan ke tubuh korban,” ucap Kapolres yang dikonfirmasi Cenderawasih Pos melalui telfon selulernya.

Kepolisianpun langsung merespon kejadian tersebut dengan melalukan penyisiran di kamar- kamar kos dan menemukan pelaku sedang bersembunyi di salah satu kamar kos.

“Motifnya dia melakukan pencuian di kamar yang  ditinggal penghuninya, pelaku saat ini sudah diamankan di Mapolsek Abepura untuk proses hukum lanjutan,” tandasnya. (ade/fia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *