Imbas Dolar, Harga Barang Elektronik Naik

Karyawan Central Electronik di Jalan Irian Jayapura, saat melayani konsumen, Senin (31/7) kemarin. (FOTO : Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Dalam seminggu terakhir ini harga barang elektronik mengalami kenaikan.  Penyebabnya selain naiknya nilai tukar dolar, juga biaya pengiriman yang juga mengalami kenaikan.

PIC (Person In Charge) Central Elecktronik, Riko mengatakan, kenaikan harga barang elekronik yang pihaknya sediakan memang baru terjadi dalam seminggu terakhir.

“Hampir semua produk elektronik kami mengalami kenaikan harga mulai dari kulkas, TV, mesin cuci hingga AC. Kenaikan yang paling terlihat pada produk-produk besar. Sedangkan untuk  produk-produk kecil seperti seterika, blender dan sebagainya harga masih stabil,” kata Riko kepada Cenderawasih Pos, Selasa (31/7) kemarin.

Diakui Riko, kenaikan harga yang pihaknya berikan rata-rata di angka Rp 40 ribu- Rp 60 ribu. Kenaikan harga yang diberikan memang tidak terlalu signifikan, tetapi tetapi ada kenaikan harga yang dipengaruhi oleh naiknya nilai tukar dolar saat ini.

“Adanya kenaikan harga ini menyebabkan penjualan elektronik saat ini sepi. Hal ini disebabkan oleh baru berakhirnya masa Pilkada, kebutuhan anak sekolah dan kondisi ekonomi saat ini yang membuat masyarakat masih belum siap berbelanja kebutuhan elektronik,’’jelasnya.

Menurut Riko  jika ke depan kondisi dolar terus naik, maka mau tidak mau harga produk elektronik akan naik juga. Jika kondisi dolar turun maka modal yang disediakan juga turun dan otomatis harga barang juga ikut turun.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *