Progress Jembatan Holtekamp Capai 99 Persen

Yohana/Cepos
Suasana pembangunan Jembatan Holtekamp, Senin (30/7) kemarin.

JAYAPURA- Site Manager Proyek pembangunan Jembatan Hamadi Holtekamp, Eri Supratomo mengatakan pihaknya melakukan kontrak untuk pekerjaan bentang tengah pembangunan Jembatan Holtekamp ditargetkan selesai pada 15 September 2018 ini.  Dengan begitu, diharapkan pada awal tahun 2019 mendatang, jembatan ini sudah fungsional.

   “Sampai dengan saat ini progress pembangunan Jembatan Holtekamp sudah mencapai 99 persen, dengan total anggaran yang telah digunakan sekitar Rp 943 miliar, yang bersumber dari dana APBN 2015- 2018, untuk pengerjaan Jembatan Holtekamp ini merupakan konsorsium dari tiga kontraktor pelaksana yaitu PT. PP (Pembangunan Perumahan), PT. Hutama Karya dan PT. Nindya Karya,” kata Eri kepada Cenderawasih Pos, Senin (30/7) kemarin.

   Lanjutnya, untuk pembangunan jembatan Holtekamp, pihaknya menggunakan strategi yang unik, yaitu memindahkan rangka baja pelungkung utuh dengan jarak tempuh terjauh yakni 3.200 km dari Surabaya ke Jayapura.

   Center Span – 1 kami hanya menempuh waktu 17 hari, sedangkan untuk center span -2 malah lebih cepat dari yang sebelumnya, yaitu hanya 15 hari saja. Center span yang kami gunakan sebagai penyambung jembatan Holtekamp ini memiliki panjang 112,5 meter, tinggi 20 meter, lebar 26 meter dengan berat 2.000 ton,” jelasnya.

   Diakui Eri, proses pemindahan center span jembatan dari Dermaga Kapal Niaga PT.PAL, Surabaya menggunakan kapal tongkang dari Surabaya langsung ke Jayapura. Pemindahan rangka baja yang pihaknya lakukan membuktikan bahwa untuk membangun Papua yang memiliki medan rumit segala upaya dapat dilakukan, untuk meningkatkan pembangunan infrastruktuir di Papua. (ana/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *