Lanal Ujung Tombak TNI AL

Danlantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi  ketika menyerahkan tongkat komando kepada Letkol Laut (P) Budi Darmawan Amran yang dilantik sebagai Danlanal Biak yang baru menggantikan Kolonel (Mar) Daniel Kreuta, dalam acara Sertijab di Lapangan Apel Lanal Biak, Selasa (31/7) kemarin.

Karena Berhubungan Langsung dengan Masyarakat

BIAK-Jabatan Komadan Lanal Biak diserahterimakan, Selasa (31/7) kemarin. Letkol Laut (P) Budi Darmawan Amran dipercaya sebagai Danlanal Biak yang baru menggantikan Kolonel (Mar) Daniel Kreuta. Acara pelantikan sekaligus Sertijab itu dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi.

Letkol Laut (P) Budi Darmawan Amran sebelumnya menjabat Komandan KRI Tarakan 905 di Satuan Kapal Bantu Koarmada II Surabaya, sementara Kolonel (Mar) Daniel Kreuta selanjutnya dipercaya menduduki jabatan baru sebagai Komandan Resimen BantuanTempur 3 Marinir Pasmar 3 Korps Marinir di Sorong.

Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi mengakatan, Sertijab bukan hanya diarahkan untuk kesinambungan kepemimpinan, namun lebih dari itu agar dapat berjalan lebih baik untuk menjawab tantangan tugas ke depan. Selain itu, Sertijab juga diharapkan dapat membawa semangat baru dalam meningkatkan pembinaan personel.

“Diharapkan penampilan dan kinerja Lanal menjadi faktor yang akan sangat mewarnai persepsi dan penilaian masyarakat terhadap TNI AL, tentunya ini penting karena Lanal merupakan ujung tombak dan lini terdepan dari struktur TNI AL yang berhubungan langsung dengan bermasyarakat,” ujarnya.

            Hal yang tidak kalah pentingnya perlu menjadi perhatian serius, lanjut Danlantama, yakni setiap komandan pangkalan diminta dapat memberikan kontribusi nyata pada pengembangan pembangunan daerah setempat khususnya pada aspek kemaritiman atau sektor kelautan sesuai arah kebijakan pemerintah.

            “Keberadaan Lanal tentunya diharapkan bersama dengan semua intansi terkait ikut memberikan kontribusi terhadap pembangunan di daerah, tentunya sesuai dengan tugas dan fungsinya. Ini penting karena Lanal adalah ujung tombak dari struktur TNI AL yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” imbuhnya.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *