Jambret Mulai Merajalela

JAYAPURA-Pengendara motor khususnya wanita nampaknya sudah harus lebih berhati-hati saat berkendara, apalagi sambil membawa tas. Dalam dua pekan terakhir, tercatat ada beberapa aksi pencurian dengan kekerasan yang menimpa pengendara motor khususnya perempuan.

Ini seperti yang terjadi pada seorang mahasiswi bernama Riski Amalia (24) yang terjatuh bersama ibunya bernama Hasmawati setelah gagal mempertahankan tasnya saat ditarik pelaku jambret. Akibat terjatuh dari motor, keduanya mengalami luka-luka. Pelaku sendiri berhasil kabur.

Dari kronologis yang disampaikan Kapolsek Abepura, AKP Dionisius Helan SIK, kejadian tersebut terjadi pada Senin (30/7) sekira pukul 17.30 WIT di turunan Vihara Skyline Abepura.

Awalnya korban menggunakan Yamaha Mio berboncengan dengan sang ibu, setelah melewati Pos PJR, tiba-tiba ada motor Yamaha Vixion berwarna hitam yang mengikuti dari belakang.
Setelah posisinya cukup dekat, penumpang Vixion langsung menarik tas samping berwarna coklat yang dibawa Hasmawati.

Tarikan ini membuat kedua korban terjatuh dan pelaku langsung melaju. Keterangan korban dalam tas tersebut berisi 1 Hp Nokia A3, 1 Hp Samsung, 1 dompet kulit buaya dan surat-surat berharga lainnya.

“Setelah terjatuh ada beberapa warga yang berhenti dan langsung membawa keduanya ke Rumah Sakit Abepura,” kata Kapolsek. Namun dari kasus ini ia kembali mengingatkan bahwa kejahatan kerap muncul ketika diberi peluang.
“Ini yang kadang warga tidak paham juga, meski sudah diingatkan berulang-ulang.

Mungkin harus lebih sering baca koran, karena kami selalu mengingatkan di sana. Kejahatan itu kadang muncul ketika diberi peluang dan dengan menggantung tas seperti itu sama artinya memberi peluang,” kata Kapolsek.

Harusnya kata Dionisius jika tas tersebut berukuran kecil, maka sebaiknya dimasukkan ke dalam bagasi. (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *