H-1 Waktu Perbaikan, Belum Ada Parpol Serahkan Berkas Bacaleg

Plh. Ketua KPU Biak Numfor Drs Johanis Lalihatu ketika menerima berkas Bacaleg dari salah satu Parpol sebelum dikembalikan untuk diperbaiki.  Hari ini, Selasa (31/7) merupakan hari terakhir penyerahan berkas perbaikan.

Lalihatu: Berkas Tidak Lengkap Langsung Dinyatakan Gugur

BIAK-Sehari menjelang batas akhir masa perbaikan dokumen, belum satupun Parpol yang menyerahkan berkas perbaikan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg)  mereka di KPU Biak Numfor. Selasa, 31 Juli hari ini, adalah masa terakhir penyerahan perbaikan berkas masing-masing Bacaleg oleh partai politik.

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa KPU Biak Numfor mengembalikan semua berkas Bacaleg ke semua Parpol ( 16 Parpol) karena tidak lengkap. Artinya, semua Parpol wajib memperbaiki berkas Bacaleg dan terakhir diserahkan Selasa, hari ini. Jika pukul 24.00 WIT tidak diserahkan dan masih ada berkas tidak lengkap maka otomatis Bacaleg tersebut dinyatakan gugur.

“Sampai H-1 waktu penyerahkan hasil perbaikan berkas Bacaleg, belum ada satupun Parpol yang datang menyerahkan berkasnya. Ya, kami tunggu sampai batas waktu penyerahan di hari terakhir. Kalau berkas tidak diserahkan dan atau diserahkan baru kembali tidak lengkap maka otomatis dinyatakan gugur, dan itu langsung sistem Silon,”ujar Plh. Ketua KPU Biak Numfor Drs Johanis Lalihatu saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Senin, (30/7).

Terkait dengan itu, Johanis Lalihatu kembali mengingatkan Parpol supaya memperhatikan kelengkapan berkas Bacaleg sebelum diserahkan ke KPU Biak Numfor. Paslanya, perbaikan berkas itu merupakan terakhir dan tidak ada perbaikan selanjutnya sehingga yang tidak lengkap otomatis dinyatakan gugur.

“Ya, harapan kami semuanya sudah lengkap berkasnya sebelum diserahkan ke KPU. Sebab kalau tidak maka sangat disayangkan, waktu perbaikan yang diberikan sudah cukup panjang dan itu berlaku secara nasional,” tandasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa  KPU telah menetapkan tahapan masa pendaftaran caleg untuk pileg 2019 yakni pada 4-17 Juli 2018. Selanjutnya proses verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon dijadwalkan pada 5-18 Juli 2018.

Nantinya, penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi dilakukan pada 19-21 Juli 2018.

Dilanjutkan dengan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti anggota DPR-DPRD bisa dilakukan pada 22-31 Juli 2018.

Verifikasi terhadap perbaikan daftar dan syarat calon harus dilakukan pada 1-7 Agustus 2018. Selanjutnya, penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) anggota DPR-DPRD dilakukan pada 8-12 Agustus 2018. Sebelum akhirnya diumumkan pada 12-14 Agustus 2018. (itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *