Gandeng PT Telkom Untuk Bangun Jaringan Fiber Optik

Denny/ Cepos
Penandatanganan MoU Oleh Pemkab Jayawijaya dengan PT. Telkom Indonesia wilayah Papua untuk pemasangan jaringan fiber optik, Selasa, (31/7).

WAMENA–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya menjalin kerja sama dengan PT Telkom Indonesia wilayah Papua, untuk pembangunan jaringan dengan menggunakan Fiber Optik (FO) di Wamena, Selasa (31/7). Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh GM Telkom Papua, Lonely Simanjuntak dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya.

Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo mengatakan, pengerjaan ini akan dilakukan selama sebulan dengan harapan jika mulai terpasang akan membantu kebutuhan jaringan internet semakin baik sehingga apa yang dikerjakan oleh Pemkab dapat disinkronkan, terutama penggunaan internet dalam pengiriman laporan.

“Ini juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi kita di kawasan ini, karena ketika jaringan cukup bagus maka akan berdampak pada semua, bukan hanya kinerja pemerintah daerah saja,”ungkapnya.

Menurutnya , awal pemasangan server kabel optik ini akan dipasangan untuk 24 OPD di Pemkab Jayawijaya akan terkonek seluruhnya sehingga yang dikerjakan setiap OPD itu mudah dilakukan dengan penggunaan internet ini.

“Komunikasi kerja ini sangat dibutuhkan karena ini tuntutan dari KPK terkait dengan rencana aksi pemberantasan korupsi berbasis elektronik, sehingga tidak perlu lagi bertumpuk di keuangan atau Bappeda, di mana setiap OPD bisa input langsung,”jelasnya.

Di tempat yang sama General Manager Telkom Papua, Lonely Simanjuntak mengungkapkan, pengerjaan pemasangan jaringan ini direncanakan dua minggu setelah MoU dilakukan dan diharapkankan satu bulan untuk pengerjaannya.

“Manfaat dari project ini sangat penting, pertama diharapkan seluruh OPD di Jayawijaya terkonek dengan jaringan internet dengan bandwitch melalui satelit,”ujarnya.

Dia mengatakan, konsep smart city dengan bandwitch 1 GB yang akan dipasang ini akan mendukung program-program kerja pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

“Untuk FO ini juga bisa dinikmati masyarakat secara langsung maupun tidak langsung, secara tidak langsungnya kecepatan layanan kepada masyarakat, dan secara langsung untuk mempermudah kinerja seluruh OPD di Jayawijaya,”pungkasnya.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *