Dishub Perkenalkan Sistem Informasi Geografis

Denny/ Cepos
Sosialisasi pencanangan Sistem Informasi Geografis di Kantor Dinas Perhubungan Jayawijaya, Senin, (30/7).

WAMENA–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya melalui Dinas Perhubungan mencanangkan Sistem Informasi Georafis yang berbasis Global Positioning System (GPS) guna mempermudah siapapun yang datang ke Wamena untuk mencari lokasi yang ada dalam kota.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jayawijaya, Pardomuan Harahap mengakui, kegiatan ini berkaitan dengan perencanaan di daerah ini, sehingga kalau program ini diterapkan dalam penyusunan perencanaan maka akan lebih mudah lagi dan itu salah satu manfaat dari Sistem Informasi Geografis.

“Sebenarnya di daerah lain sudah diterapkan, seperti kalau kita pesan taxi grap, karena online maka kita akan lihat rutenya. Ini kita coba mulai dari awal, walaupun belum sepenuhnya sempurna, kita kenalkan dahulu ke instansi lain,”ungkapnya Senin (30/7) kemarin.

Dalam penerapan progam ini, kata Pardomuan, khusus dinas perhubungan ini manfaatnya sangat besar sekali karena nanti bisa memantau terminal atau lokasi-lokasi lain yang ada di Jayawijaya khususnya objek wisata yang ada di Wamena.

“Sistem online dan berbasis android. Ini baru langkah awal, kami belum terapkan, tergantung dana tetapi minimal kita perkenalkan dulu ke masyarakat,”katanya.
Menurutnya, akan ada aplikasi yang khusus, namanya webbis, ini akan mencakup seluruh wilayah Jayawijaya. contoh, selama ini yang bisa digunakan itu secara manual, tapi kalau sudah menggunakan webbis ini, lokasinya akan punya titik koordinat.

“Contohnya begini, ketika orang mau ke satu titik, dia bisa menghitung berapa jarak dan waktu yang dibutuhkan, itu bisa dihitung dalam melakukan perjalanan ke tempat tujuan,”jelasnya.
Ia melihat untuk penambahan sarana angkutan umum tidak ada, tapi ini semacam panduan bagi orang, terutama mereka yang baru ke Jayawijaya, sehingga dia bisa paham ketika membuka di HP-nya bisa cek jaraknya berapa.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *