38 Orang Tim Papua Terang Disebar di 5 Kabupaten

Denny/ Cepos
Pelepasan 38 orang tim ekspedisi Papua Terang di Kantor Bupati Jayawijaya, Senin (30/7) kemarin.

WAMENA–Sebanyak 38 orang tim ekspedisi Papua Terang yang merupakan tim dari PT PLN Persero Area Jayawpura dilepas oleh Pemkab Jayawijaya guna melakukan survei di 5 wilayah yang ada di Pegunungan Tengah Papua seperti Jayawijaya, Lanny Jaya, Yalimo, Tolikara dan Mamberamo Tengah.

Manger PT PLN Ranting Wamena, Djunaidi mengakui, 38 orang yang akan melakukan ekspedisi ini nanti akan dibagi lagi untuk mencapai kabupaten –kabupaten pemekaran yang masuk dalam ekspedisi tersebut.

“Contoh seperti di Jayawijaya akan dibagi 6 tim karena luas wilayahnya yang mencakup 19 distrik dari 328 kampung, Lanny Jaya ada 2 tim, Yalimo 1 tim, Mamberamo Tengah 2 tim dan Tolikara 2 tim,”ungkapnya via telepon selulernya kepada Cenderawasih Pos, Senin (30/7) kemarin.

Untuk waktu yang akan ditempuh, kata Djunaidi, akan dilakukan dua tahap dimana ada yang satu bulan dan ada yang dua bulan, sedangkan yang perlu disurvei adalah potensi untuk energi listrik yang bisa dikembangkan dan juga lokasi kampung yang belum mendapat pasokan energi listrik.

“Kalau belum ada sambungan listrik pangkal seperti ini maka akan dibangun seperti Pembangit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Mirkro Hydro (PLTMH), apabila ada potensi air, ataupun potensi angin atau bayu, kalau sudah ada sumber listrik maka mereka bisa langsung menyambung saja”katanya.

Sementara di tempat yang sama, Sekda Jayawijaya, Yohanis Walilo mengakui , 38 orang  tenaga ekspedisi Papua Terang yang dilepas ini akan disebar dan bertugas  di kabupaten Pegunungan Tengah Papua.

“Program Papua Terang yang dilaksankan oleh pemerintah pusat ini sangat membantu masyarakat yang ada di wilayah Pegunungan Tengah Papua,”jelasnya.

Diakui, masih ada banyak daerah-daerah yang belum menikmati aliran listrik atau penerangan, sehingga melalui program Papua Terang ini, akan membawa dampak positif dan membuat warga yang belum menikmati penerangan dapat menikmatinya.

“Kami ucapkan terimakasih untuk PLN Pusat yang berikan program Papua Terang pada 5 kabupaten yang ada di Pegunungan Tengah,” kata Sekda Jayawijaya.

Ia menambahkan, selain program Papua Terang, Pemkab Jayawjawijaya dan Pegunungan Tengah Papua sangat berharap adanya perhatian pemerintah pusat dalam hal pengembangan layanan air bersih, infrastruktur jalan dan bangunan dan fasititas kesehatan dan pendidikan dan lainnya.

“Konsidi dan wilayah kami ini sangat berbeda, karena masyarakat kami masih ada yang tinggal di balik-balik gunung, karena itu agak sulit,”tambahnya.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *