Tidak ada Tambang  Emas Liar di Boven 

Benediktus Tambonop, S.STP (FOTO : Sulo/Radar Merauke)

MERAUKE- Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop, S.STP,  menengaskan  bahwa sampai hari ini belum  ditemukan adanya  tambang emas secara illegal di wilayah Kabupaten Boven Digoel.

‘’Yang saya mau sampaikan bahwa sampai sekarang ini   belum ada penambangan emas secara illegal di wilayah Kabupaten Boven  Digoel,’’ tandas bupati Benediktus Tambonop belum lama ini.  Informasi  yang berkembang  baik dari mulut  ke mulut maupun  media sosial adanya penambangan yang dilakukan masyarakat  secara illegal tersebut, kata  mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Boven Digoel  ini terjadi di wilayah lainnya. Tapi bukan masuk wilayah  Kabupaten Boven Digoel.

‘’Kami sudah melakukan pengecekan  secara langsung ke lapangan dan itu  bukan terjadi di wilayah  Kabupaten Boven Digoel,’’ terangnya.

Benediktus Tambonop menjelaskan, suku Korowai   tidak hanya  mendiami Kabupaten Boven Digoel  namun berada di 5 kabupaten yakni Boven Digoel, Pengunungan Bintang, Yahukimo, Mappi dan Asmat.     Tambang secara liar  itu, lanjjt bupati Benediktus Tambonop terjadi di wilayah Kabupaten Pengunungan Bintang.    Sehingga pihaknya  tidak memiliki kewenangan  untuk menegur masyarakat yang melakukan tambang secara liar  atau illegal itu. ‘’Kalau kita tegur, mereka bisa balik bertanya kepada kita. Kecuali mungkin dari pemerintahannya sendiri,’’ jelasnya.(ulo)     

1 thought on “Tidak ada Tambang  Emas Liar di Boven 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *