Satgas Pamtas Yonif PR 501/Kostrad Bangun PLTA

Satgas Yonif PR 501/BY bersama masyarakat Kampung Kriko Kabupaten Keroom saling membantu saat membuat tanggul untuk mendirikan PLTA. (FOTO : Satgas Yonif PR 501/BY FOR CEPOS)

JAYAPURA-Sebagai satuan penugasan di bawah Kolaops Rem 172/PWY, Satgas Pamtas Yonif PR 501/ BY telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat di wilayah penugasan dan perbatasan.  Dari berbagai kegiatan Binter yang dilakukan, salah satu yang paling menonjol dan menjadi buah karya bagi kesejahteraan masyarakat yaitu adanya pembangunan sarana PLTA ( Pembangkit Listrik Tenaga Air ) yang secara langsung dikerjakan oleh anggota Satgas Pamtas Yonif PR 501/BY Pos Pitewi di Kampung Kriko, Kabupaten Keroom, Jumaat (27/7).

Banyak daerah di Indonesia khususnya di wilayah Papua yang belum terjangkau oleh jaringan listrik PLN, sehingga sebagai jalan pintas, masyarakat menggunakan genset baik untuk penerangan maupun kebutuhan sehari-hari. Kebanyakan masyarakat di wilayah pedalaman Papua banyak yang menggunakan genset sebagai tenaga listrik yang banyak mengkonsumsi BBM dan hal tersebut menjadikan beban tersendiri bagi kehidupan masyarakat.

Pembangunan sarana PLTA di Kampung Kriko, merupakan bagian daripada kepedulian Satgas Yonif PR 501/BY kepada  masyarakat yang belum menikmati jaringan listrik PLN. Dan Satgas Yonif PR 501/BY Letkol Inf Antonio Chandra berkomitmen untuk menuntaskan permasalahan kebutuhan listrik bagi masyarakat di Kampung Kriko melalui pembangun PLTA. Pembangunan PLTA dengan Kincir Air, dibuat Satgas 501 Kostrad secara permanen dengan memanfaatkan potensi air sungai yang letaknya dekat dengan Kampung Kriko.

Meskipun pembangunannya memakan waktu beberapa hari, namun nilainyasangat dirasakan oleh masyarakat Kampung Kriko. Salah satu tokoh masyarakat, Martin Putui yang merupakan Ketua RW Kampung Kriko mengatakan, sangat bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Satgas Yonif PR 501/BY atas pembangunan sarana PLTA di wilayahnya yang selama ini belum merasakan penerangan listrik.

“Kami sangat berterima kasih atas upaya dari Satgas Yonif PR 501/BY membangun PLTA bagi masyarakat Kampung Kriko,”ujarnya.(kim/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *