Di Papua Tiga Lanud Resmi Berganti Nama

KSAU Marsekal Yuyu Sutisna saat meresmikan pergantian nama delapan (8) Lanud yang ada di Indonesia, di Apron Hanggar Lanud Manuhua Biak, Kamis (26/7) kemarin. Pergantian nama kedepalannama Lanud, tiga diantaranya berada di wilayah Papua.

Danlanud Silas Papare dan Manuhua Dijabat Jenderal Bintang Satu

BIAK- KSAU Marsekal Yuyu Sutisna dalam serangkaian kunjungan kerjanya ke Biak, selama dua hari, salah satunya agendanya dalah meresmikan pergantian nama delapan (8) Lanud yang ada di Indonesia., Pergantian nama kedepalan  nama Lanud itu tiga diantaranya berada di wilayah Papua.

Ketiga Lanud yang berada di Papua itu diantaranya Lanud Jayapura diganti nama  menjadi Lanud Silas Papare, lalu Lanud Merauke berganti nama menjadi Lanud Johannes Abraham Dimara dan Lanud Timika berganti nama menjadi Lanud Yohanis Kapiyau.

Sedangkan lima Lanud lainnya di luar Papua yang ikut berubah antara lain,  Lanud Surabaya menjadi Lanud Muljono, Lanud Tarakan menjadi Lanud Anang Busra,Lanud Rembiga menjadi Lanud Tuanku Guru Kyai Haji Muhammad Zainudin Abdul Madjid, Lanud Ngurah Rai menjadi Lanud I Gusti Ngurah Rai, Lanud Balipapan menjadi Lanud Dhomber.

Perubahan nama-nama Lanud itu juga disertai dengan pergantian bendera (pataka) satuan yang dipimpin langsung oleh KSAU. Selain itu juga dilakukan penandatanganan prasasti delapan nama Lanud dan disaksikan langsung ahli waris dari masing-masing nama pahlawan yang diabadikan namanya di jajaran TNI AU itu.

“Perubahan nama-nama Lanud di Indonesia, termasuk yang delapan ini tentunya tidak dilakukan begitu saja, di jajaran TNI AU kami melakukan pembahasan dengan berbagai pertimbangan. Bahwa pergantian itu dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada para pendahulu yang memberikan andil besar dalam perjuangan  NKRI ini, intinya ada kearifan lokal menjadi perhatian disini,” ujar KSAU, di Apron Hanggar Lanud Manuhua Biak, Kamis (26/7) kemarin.

Bersamaan dengan peresmian pergantian delapan nama Lanud, juga dilakukan peresmian peningkatan status dua Lanud di Koopsau III, yaitu Lanud Silas Papare Jayapura dan Lanud Manuhua. Persmian peningkatan status kedua Lanud tersebut, juga dilakukan sertijab  Danlanud Silas Papare Jayapura , dari Kolonel Pnb.M.Yani Amirullah ke Marsma Tribowo Santoso.

Sementara Danlanud Manuhua Biak Kolonel Pnb.Fajar Adriyanto dilantik kembali dan dalam waktu dekat akan naik pangkat menjadi Marsekal Pertama (Marsma). Kenaikan pangkat Danlanud Biak dari pangkat kolonel menjadi jenderal berbintang satu memang menjadi suatu keharusan sejalan dengan perubahan status Lanud Manuhua dari tipe B menjadi tipe A .

Setelah dilakukan sertijab dan peresmian nama baru delapan Lanud di Indonesia, KSAU juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mako Koopsau III. Pembangunan Mako Koopsau III berada di lokasi tidak terlalu jauh dari Lanud Manua tepatnya di depan Gedung Serbaguna Tongkokan IKT Kabupaten Biak Numfor.

“Pembangunan Mako Koopsau III diupayakan sudah tuntas tahun 2019 mendatang, ya diharapkan sebelum Desember 2019 sudah dilakukan peresmian dan semua fasilitas pendukung juga telah lengkap,” pungkasnya.(itb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *