Kominfo Tuntaskan Dua BTS

Denny/ Cepos

Pembangunan Base Transceiver Station (BTS) dari Program Palapa Ring yang ada di Distrik Wamena Kota.

Satu Lagi akan Dibangun di Distrik Kurulu

WAMENA-Program pembangunan Palapa Ring oleh Kementerian Kominfo di Jayawijaya, hingga saat ini baru dua titik menara Base Transceiver Station (BTS), satu titik lagi rencananya akan dibangun di atas bukit yakni di Distrik Kurulu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jayawijaya, Isak Sawaki mengatakan, dua titik yang telah dibangun yaitu di jalan Bhayangkara, Distrik Wamena dan di Distrik Itlay Hisage.

“Pihak penyedia sudah menyanggupi, kami tinggal memonitor saja kapan pelaksanaan pembangunannya guna saling menginterkoneksi jaringan antara distrik dan kampung di Jayawijaya,”ungkapnya kepada wartawan di Wamena, Jumat (27/7).

Menurut Sawaki, untuk kapasitas per menara BTS sesuai yang pernah dijanjikan pihak penyedia dan Kementerian Kominfo yang berada di ibu kota masing-masing kabupaten, akan disediakan 10 GB per BTS yang dibangun di tiga tempat di Jayawijaya.

” Ada kabupaten yang mendapat 20 GB, kami sangat berterima kasih atas penyediaan Palapa Ring ini. Nantinya tiap tahun akan ditambah sesuai dengan kebutuhan,”jelasnya.

Untuk target sendiri, kata Ishak Sawaki, diharapkan di 2019 Palapa Ring ini sudah bisa selesai, namun karena ini jaringannya terkoneksi dengan kabupaten lain, sehingga harus menunggu progres dari daerah lain.

“Jaringan itu mulai dari bagian Selatan Papua lalu masuk ke Pegunungan Bintang, Yahukimo lalu masuk ke Wamena danm selanjutnya ke Yalimo,” katanya.

Ia menambahkan, program pembangunan Palapa Ring ini juga diharapkan dapat tembus hingga ke kampung-kampung.
“Ini dibangun agar ada interkoneksi antara kampung, distrik dan kabupaten guna mempermudah masyarakat memasukkan laporan,”tambah Sawaki. (jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *