Biak akan Dijadikan Skuadron Pesawat Tanpa Awak

BIAK-Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Udara (AU) terus memperkuat pertahanan udara di wilayah Timur Indonesia. Nampaknya wilayah Papua dijadikan sebagai pusat komando sejumlah satuan dari TNI AU untuk pertahanan udara di wilayah Timur Indonesia.

Ya, setidaknya hal itu dapat dilihat dari sejumlah markas komando yang berkedudukan di Papua. Sebut saja  Koopsau III yang dipimpin jenderal bintang dua saat ini bermarkas di Biak, demikian halnya dengan Kosekhanudnas IV yang dipimpin jenderal bintang satu, juga markas komandonya berada di Biak.

Selai itu, juga ada dua Lanud yang statusnya telah dinaikkan menjadi Lanud tipe A dengan komandan jenderal berbintang satu yaitu Lanud Silas Papare (Jayapura) dan Lanud Manuhua Biak.

Bahkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, TNI AU kembali membuka tiga skuadron baru di wilayah Papua, salah satunya di Biak Numfor.

Di Biak rencanya akan dijadikan markas Skuadron Pesawat Tanpa Awak . Selain Skuadron Pesawat Tanpa Awak,  juga akan dibentuk Skuadron Pesawat Tempur dan Skuadron Angkut Herculues (termasuk Helicopter). Pembentukan skuadron di wilayah Papua dimaksudkan untuk memperkuat pertahanan udara untuk menjaga kedaulatan NKRI ke depan.

“TNI AU akan terus memperkuat pengamanan wilayah udara Timur Indonesia, karenanya alutsista pendukung pengamanan terus menjadi perhatian serius. Salah satunya adalah pembangunan tiga skuadron ke depan, namun kami masih terus melakukan kajian untuk penempatannya. Ya, di Biak misalnya akan direncananya Skuadron Pesawat Tanpa Awak,” ungkap KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna kepada  Cenderawasih Pos di Apron Lanud Biak, Kamis (26/7) kemarin.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *