TNI AU Siap Bangun Radar, Skadron Helikopter, dan Skadron Angkut/Tempur Papua

KASAU, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM, saat memberikan keterangan di Base OPS Lanud Silas Papare, Selasa (24/7) kemarin malam. (FOTO : Roberth Yewen/Cenderawasih Pos)

SENTANI- Untuk menjaga keamanan di wilayah udara, khususnya di wilayah perbatasan Indonesia -Papua New Guinea (PNG), maka pemerintahan Indonesia melalui TNI Angkatan Udara (AU) akan membangun radar, skadron helikopter dan skadron tempur di wilayah Papua.

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM, mengungkapkan bahwa, pihaknya akan segera membangun radar, skadron helikopter, dan skadron tempur di Papua.

Yuyu dan rombongan sendiri telah memantau langsung pembangunan satuan radar di wilayah Angkasa Kota Jayapura dan telah melakukan survey untuk pembangunan skadron di wilayah Lanud Jayapura. Yuyu juga akan melakukan survey di Biak untuk pembangunan skadron angkut atau tempur di Komando Operasi Angkatan Udara (Kompsau) 3 di Biak.

“Saya sudah meninjau untuk pembangunan satuan radar. Kita akan memasang 1 buah radar di sini. Kemudian saya akan survey untuk membangun skadron helikopter di sini, dan skadron angkut atau tempur di Biak,” ungkapnya saat ditemui wartawan usai melakukan peresmian TK Angkasa Lanud Jayapura di Sentani Kabupaten Jayapura, Rabu (25/7) kemarin.

Untuk alutsista sendiri, menurut jenderal bintang empat dari TNI AU ini bahwa untuk saat ini di Indonesia sudah ada sekitar 7 skadron tempur. Sementara itu, untuk wilayah timur sementara akan bangun sesuai dengan pembagunan Kopsau 3 yang bermarkas di Biak.

“Jadi sudah ada 7 skadron tempur. Di mana 6 sudah jadi dan 1 skadron masih dalam pembangunan. Untuk wilayah timur kita akan bangun sesuai dengan Kopsau 3 yang sudah bermarkas di Biak,” ucapnya. (bet).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *