KPU Mamteng Publikasikan Dana Kampanye Paslon Hanas 

Darussalam

JAYAPURA- Komisioner KPU Maberamo Tengah (Mamteng), Divisi Hukum, Darussalam mengungkapkan, KPU Mamteng secara resmi telah merilis dana kampanye pasangan calon bupati R. Ham Pagawak dan wakilnya Yonas Kenelak (Hanas) yang diusung Koalisai Bogo Bersatu.

“Berdasarkan laporan dana kampanye tim Koalisi Bogo Bersatu yang sudah diaudit Konsultan Keuangan Publik yakni Akuntan Publik KAP Haryono Jumianto dan Asmoro, dana kampanye yang digunakan sebesar Rp 5.813.000.060. Jumlah dana Paslon ini berasal dari sumbangan perorangan berupa barang dan jasa serta dari badan usaha,”ungkapnya melalui release yang diterima  Cenderawasih Pos, (27/7).

Darussalam menjelaskan, sesuai dengan hasil audit yang dikeluarkan Konsultan Keuangan Publik, dana kampanye Paslon Hanas masih di bawah standarisasi aturan PKPU. Dimana, biasanya batas maksimum sesuai PKPU adalah Rp 20 miliar. Sedangkan dana kampanye dari pasangan Hanas ini  hanya Rp 5.813.000.060.

‘’Ini berarti pasangan ini masih mencukupi batasan sesuai dengan aturan,’’imbuhnya.
Diakui, dari dana kampanye pasangan calon ini ada yang berupa sumbangan dari 56 orang berbentuk barang, yang jika diuangkan berjumlah Rp 3.107.000.960, dan jasa Rp 975.334.000, dengan total Rp 4.082.334.960. Selain itu terdapat empat badan usaha/perusahaan  yang tidak terikat ikut memberikan dana kampanye sebesar Rp 1.190.000.000.

‘’Publikasi dana kampanye pasangan calon bupati ini wajib dibuat, oleh penyelenggara Pemilu sesuai dengan PKPU No. 5 tahun 2017 tentang dana kampanye, peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota. “Harus dipublikasikan sesuai PKPU agar publik mengetahui berapa besaran dana kampanye digunakan oleh pasangan tunggal ini,’’pungkasnya.(dil/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *