Hindari X-Ray, Warga PNG Tertangkap Bawa Ganja

Elfira/Cepos
Kasubag Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Jahja Rumra didampingi penyidik Sat Narkoba Polres Jayapura Kota saat mengeluarkan pelaku TP dari ruang tahanan  untuk siaran pers di Mapolres Jayapura Kota, Rabu (25/7) kemarin.

JAYAPURA-Seorang pemuda, warga PNG berinsisial TP (25), ditangkap aparat saat hendak masuk wilayah Indonesia, tanpa melalui Kantor PLBN Skow. Pelaku yang sengaja menghindari pemeriksaan  X-ray, justru gerak-geriknya membuat kecurigaan para  petugas yang berjaga, yang akhirnya memeriksa dan menemukan ganja kering seberat 400 gram.

“Warga PNG ini kedapatan membawa sekira 400 gram ganja kering. Tersangka dijerat dengan  pasal 111 Undang-undang Narkotika nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.”ungkap Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas, SH, SIk melalui Kasubag Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Jahja Rumra kepada wartawan di Mapolres Jayapura Kota pada Rabu (25/7) kemarin.

Dari hasil pemeriksaan oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura Kota, pria 25 tahun itu mengaku bahwa ganja yang dibawanya dalam bentuk paket adalah pesanan seseorang yang sudah menunggunya di Pasar Wutung.

“Harga jual perbungkusnya untuk ukuran besar Rp 1 juta, ukuran sedang Rp 500 ribu dan ukuran kecil Rp 50 ribu. Dengan total keseluruhan harga ganja tersebut sekira Rp 10 juta jika diuangkan,” terangnya.

Jahja menambahkan, bahwa ganja tersebut dipaketkan dengan rincian ukuran besar sebanyak 5 bungkus, ukuran sedang sebanyak 5 bungkus dan ukuran kecil sebanyak 39 bungkus.

“Untuk orang yang memesan ganja kepada pelaku sedang kami dalami, dan pelaku saat ini sudah diamankan di tahanan Mapolres Jayapura Kota,” terangnya.

Terkait penangkapan pelaku kata Jahja berawal dari Pos Kotis Skouw Satgas Pamtas sedang melaksanakan tugas pengamanan di pintu perbatasan lintasan. Dalam tugas pengamanan itu, petugas melihat pelaku  tidak masuk Kantor PLBN Skow guna pemeriksaan  X-ray melainkan lewat samping sehingga membuat kecurigaan para  anggota yang berjaga.

Lanjut Jahja, petugas pun lantas membuntuti pelaku dan dilakukan pemeriksaan di Pos Kotis dan ditemukan ganja sebanyak 49 paket. “Pengakuan pelaku baru sekali ia mengedarkan ganja, namun anggota Sat Narkoba Polres Jayapura Kota akan mendalami ini, sedang dari data base juga nama pelaku tidak ada,” katanya.

Dengan diamankannya TP, maka sampai dengan saat ini sebanyak 11 orang warga PNG yang terlibat dalam kasus Narkotika ditangani oleh Sat Narkoba Polres Jayapura Kota. (fia/tri)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *