Besok, Komisi I Undang BKD Rakor

JAYAPURA- Anggota Komisi I DPR Papua, Yonas Nusi, mengatakan bahwa DPR Papua melalui Komisi I akan mengundang Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua pada Jumat (27/7) besok. Hal ini dilakukan dalam rangka pembahasan perihal calon pegawai negeri yang disebut K2, yang mana hingga kini banyak juga yang terdapat di Provinsi Papua.

“Artinya, ini ada kaitannya juga dengan penerimaan pegawai 2018 yang dilakukan secara nasional. Di sisi lain, masih ada pekerjan rumah yang mesti kita bereskan, yakni soal calon pegawai K2 ini, sehingga dalam waktu kedepan ini, kami dan BKD, bersama kita cari solusinya,” ungkap Yonas Nusi, Kamis (26/7).

Persoalan kepegawaian K2 di masing-masing daerah itu berbeda-beda, sehingga informasi terkait persiapan penerimaan pegawai secara nasional yang dilakukan inilah yang perlu didapatkan.

“Bila perlu, penerimaan pegawai di Papua dihentikan dulu sampai persoalan K2 ini ada solusinya,” tegasnya.

Harapannya, BKD dapat hadir memenuhi undangan DPR Papua, sebab, yang akan dibahas nantinya berkaitan dengan kepentingan masyarakat Papua pada umumnya. Artinya, masyarakat perlu mendapat kejelasan dan jawaban yang pasti.

“Fungsi negara ialah hadir memberikan perlindungan bagi rakyatnya, sehingga inilah yang kami upayakan untuk terus kawal, salah satunya melalui koordinasi legislatif-eksekutif, sehingga kejelasan perihal kepegawaian ini bisa dipertanggungjawabkan kepada rakyat,” jelasnya.

Lalu, di era berlakunya Undang-Undang Otsus di Provinsi Papua, maka harus pula digunakan dengan baik, yang mana ada harapan besar dari gubernur sebagai pemilik kewenangan untuk dapat memberikan kuota bagi kepegawaian di Papua.

“Hal ini merupakan perjuangan yang harus dilakukan dalam hal Otonomi Khusus, sehingga dapat mengatasi persoalan K2 yang saat ini belum tuntas,” pungkasnya. (gra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *