200 KK di 4 Distrik Terima Bantuan Rehab Rumah

WAMENA–Sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Jayawijaya yang tersebar di 4 distrik mendapatkan bantuan stimulan untuk rehabilitasi rumah dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ini merupakan program dari 2017 yang lalu, namun baru mulai dikerjakan Tahun 2018 ini.

Kepala Bidang Permukiman, Dinas Perumahan dan Permukiman  Rakyat, Jayawijaya, Edison Wetipo mengungkapkan, penerima manfaat untuk program sitmulan rehabilitasi rumah ini tersebar di 4  distrik diantarnya Distrik Hubikiak, Distrik Wouma dan Siepkosi.

“Setiap distrik mendapatkan bantuan stimulan berupa rumah yakni Distrik Assotipo 50 KK , Distrik Hubikiak 50 KK, Distrik Wouma 50 KK dan Distrik Siepkosi KK,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Bupati Jayawijaya, Kamis (26/7)

kemarin.

Edison Wetipo menjelaskan, rehab rumah ini sudah dilakukan di Distrik Assotipo dan telah selesai. Selanjutnya akan dibangun di tiga distrik lainnya yang menjadi sasaran dari program kementerian itu.

Menurutnya, setiap KK mendapatkan bantuan dana untuk rehab itu senilai Rp 30 juta untuk dua tahap pencairan. Hanya saja, dana tersebut ditransfer langsung ke Bank Papua dan langsung dibayarkan ke toko bangunan.

“Masyarakat penerima manfaat ini hanya terima bahan bangunannya. Mereka terima dalam dua tahap, pertama dicairkan Rp 15 juta dan tahap kedua Rp 15 juta,”tegasnya.

Wetipo mengaku, meski program stimulan ini dikhususkan untuk rehab rumah, namun sebagian masyarakat memilih membangun rumah baru. Namun ia lihat keinginan masyarakat memiliki rumah sangat tinggi sehingga dana tersebut tidak digunakan untuk rehap, namun dari Rp 30 juta itu mereka tambah  lagi sehingga dibangun rumah baru.

“Keinginan masyarakat ini, menjadi perhatian Kementerian PUPR sehingga mereka meminta kepada pemerintah daerah agar memberikan data sehingga bisa dibantu,”ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mendapatkan bantuan untuk perehaban 100 unit rumah. Untuk bantuan ini, menurutnya akan diberikan kepada distrik lain yang belum mendapatkan bantuan, dimana setiap distrik rencananya akan dikasih 20 unit rumah.

” Warga penerima manfaat bantuan stimulan rehab rumah ini diutamakan bagi mereka yang masuk kriteria ekonomi lemah. Jadi kami turun langsung survei, foto rumah dan memberikan bantuan,”tutupnya.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *