Situasi Paniai Kondusif, 1.011 Personil Gabungan Amankan Pilbup Paniai

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar saat mengobrol dengan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit.

JAYAPURA- Hari ini Rabu (25/7), Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar bersama Forkopimda, Pejabat Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit tinjau langsung proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Paniai di Paniai.

  Peninjauan langsung itu, sebagaimana bentuk perhatian Pemerintah dan pihak keamanan agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Paniai yang diselenggarakan hari ini berjalan aman dan lancar. Bahkan 5 pejabat utama Polda Papua,  Karo Ops, Dir Intelkam, Dir Sabhara, Dir Binmas dan Ka SPN Jayapura sudah berada di Paniai.

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengajak semua komponen masyarakat terutama yang ada di Kabupaten Paniai, untuk mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pania yang damai, bermartabat dan demokrasi.

  “ Semua pihak memiliki peran yang besar, sehingga itu mari bengandengan tangan menghilangkan semua keegoan  agar dapat menghasilkan  pemimpin yang dikehendaki rakyat,” ucap Rafli Amar saat dihubungi Cenderawasih Pos melalui telfon selulernya, Selasa (24/7).

  Kapolda mengimbau kepada masyarakat Paniai agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban bersama, selain itu memilih sesuai dengan hati nurani dan tidak terprovokasi oleh kelompok manapun.

“Jangan ada mobilisasi massa, jika adanya sengketa dalam pelaksanaan Pilkada maka silahkan selesaikan melalui jalur hukum. Mari kita junjung tinggi proses demokrasi yang sedang berjalan,” pintanya.

  Dikatakan, pengamanan dan pengawalan pendistribusian logistic Pilkada Paniai pada 20 Distrik yang ada di Kabupaten Paniai berjalan lancar. Sedang 3 Disrik lainnya baru akan disalurkan hari ini mengingat kondisi cuaca.

“ Untuk pengamanan dan pengawalan pendistrubusian logistik dilakukan melalui jalur udara, darat dan jalur danau dan Alhamdulillah semuanya berjalan aman dan lancar,” ungkapnya.

  Terkait situasi di Kabupaten Paniai, menurut Kapolda secara keseluruhan  hingga saat ini tetap kondusif, di mana sekitar 1.011 personil gabungan TNI-Polri tetap bersiaga di Kabupaten Paniai.

Lanjutnya, kehadiran Polisi semata-mata memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ada di Paniai selama proses berjannya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paniai yang diikuti dua pasangan calon ini.

“ Siapapun yang terpilih nantinya, itulah pilihan Tuhan dan juga  pilihan Masyarakat Paniai yang mana kedepannya bisa membawa perubahan dan pembangunan di Kabupaten Paniai sendiri,” tandasnya.

  Sementara itu, sekitar  pukul 08.00 Wit  dilaksanakan apel kesiapan pendistribusian logistic pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam apel kesiapan itu, Ketua KPU Provinsi Papua Theo Dorus   Kossay agar Pilkada Paniai berjalan dengan baik tanpa adanya kendala. (fia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *