Lama di Kota, Guru Bakal Diroling ke Kampung-Kampung 

Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd

BIAK-Pemerataan penempatan guru di Kabupaten Biak Numfor, nampaknya mendapat perhatian serius pimpinan atau kepala daerah. Bahkan, dalam waktu yang tidak terlalu lama, guru yang sudah lama tugas di kota bakal diroling ke sekolah yang ada di kampung-kampung, termasuk yang ada di kepulauan.

Rencana roling guru secara besar-besaran itu akan dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi kejenuhan guru, dan adanya guru yang mangkir dari tempat tugasnya karena terlalu lama di kepuluan dan kampung-kampung. Roling guru yang bertugas di kota ke sekolah yang ada di luar kota akan berlaku bagi guru yang memiliki masa tugas di atas 10 tahun di sekolah tersebut.

“Roling ini penting  khususnya bagi guru yang sudah tugas lebih dari 10 tahun di sekolah tersebut.Misalnya selama penempatannya sudah 10 tahun lebih di wilayah kota, maka dia bisa diroling ke sekolah di kampung-kampung,”kata Plt. Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si,M.Pd menjawab sejumlah aspirasi dan masukan dari guru-guru itu sendiri.

Roling guru yang dimaksud, tidak hanya dari kota ke luar kota atau dari luar kota (kampung) ke kota, namun dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Misalnya saja, guru yang sudah lama tugas di Biak Timur bisa saja dipindahkan ke wilayah Biak Barat dan sebaliknya.  Yang pasti, ada sejumlah pertimbangan dalam roling guru tersebut, mulai dari pemerataan guru di sekolah-sekolah, kualitas belajar dan mengajar serta lainnya.

“Intinya kita mau guru betah di tempat tugas menjalankan tugasnya, selain itu, kami akan lakukan evaluasi secara besar-besaran tentang sistem pendidikan di Kabupaten Biak Numfor yang salah satunya penempatan guru. Sebab ada sekolah yang gurunya kurang, sementara ada sekolah yang gurunya menumpuk,” pungkasnya.(itb/tho)   

This entry was posted in Biak and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *