Pelestarian Seni Budaya Harus Digalakkan

Fiktor Palembangan/Cepos
TABUH TIFA: Asisten III Setda Kabupaten Biak Numfor Ir. Andareas F Lameki, MM bersama sejumlah Forkopimda dan undangan ketika menabuh tifa secara bersamaan menandai dibukanya Festival Seni dan Budaya Biak Numfor ke-IV, di Museum Cenderawasih, Senin (23/7).

BIAK-Festival Seni Budaya ke-IV di Kabupaten Biak Numfor  pelaksanaannya dipusatkan di  Museum Cenderawasih Biak. Melalui agenda tahunan ini diharapkan seni budaya dan kearifan lokal sebagai kekayaan suku bangsa khususnya di Kabupaten Biak Numfor terus lestari, selain itu ke depan diharapkan menjadi daya tarik wisatawan.

Plt. Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd., dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Setda Kabupaten Biak Numfor Ir. Andareas F. Lameki, MM., mengatakan bahwa seni budaya merupakan kekayaan daerah yang perlu dilestarikan. Selain itu, seni budaya dinilai sebagai  bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan bermasyarakat di Papua khususnya di Kabupaten Biak Numfor.

“Pelestarian seni budaya harus dilakukan melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah pada momen seperti ini. Ke depan tentunya yang diharapkan bahwa kegiatan seperti ini harus dievaluasi setiap kali pagelaran sehingga lebih baik lagi. Jadi pelestarian seni budaya ini memang harus digalakkan,” ungkapnya pada pembukaan Festival Seni Budaya ke IV di Kabupaten Biak Numfor, Senin (23/7).

Dikatakan bahwa melalui  festival dan sejumlah even lainnya, kearikan lokal dan sejumlah potensi seni budaya yang selama ini belum dilestarikan secara optimal ke depannya harus mendapat perhatian serius.

 “Tidak hanya pelestarian, namun melalui sejumlah even yang dilakukan tentunya dapat menarik wisatawan ke Biak. Oleh karena itu, upaya-upaya promosi harus digalakkan ke depan,” tandasnya.

Sekedar diketahui bahwa Festival Seni Budaya Biak Numfor ke-IV tahun 2018 berlangsung selama dua hari dan ada 8 kegiatan yaitu cerita rakyat, musikalisasi pusi, pop-singer, melukis, tari pergaulan yosim pancar, tari kreasi barapen, dan pameran.(itb/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *