Obat Penyakit Kusta Diberikan Secara Gratis

Fiktor Palembangan/Cepos
Markus O Mansnembra

BIAK-Upaya pencegahan berbagai penyakit di Kabupaten Biak Numfor terus menjadi perhatian serius Pemkab Biak Numfor melalui instansi terkait. Salah satunya adalah pencegahan penyakit kusta dimana obat penyakit kusta diberikan secara gratis kepada masyarakat di setiap layanan kesehatan, misalnya saja di setiap Puskesmas.

“Pencegahan terhadap berbagai penyakit terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor. Khusus untuk penyakit kusta ini juga mendapat perhatian serius dan obatnya didapatkan masyarakat secara gratis,” ungkap Sekda Kabupaten Biak Numfor, Markus O Mansnembra, SH., MM., ketika membuka advokasi sosialisasi dan pengobatan penyakit kusta, pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Sekda Mansnembra mengingatkan masyarakat supaya memperhatikan upaya-upaya pencegahan dari pada pengobatan dengan tetap menjaga pola hidup yang sehat, serta menghindari kemungkinan tertularnya penyakit, khususnya lagi penyakit-penyakit menular seperti penyakit kusta.

“Pencegahan penulatan penyakit kusta membutuhkan komitmen bersama, termasuk pencegahan penyakit lainnya. Jadi tidak hanya pemerintah, namun masyarakat juga harus memperhatikan upaya pencegahan penyakit, salah satunya jaga pola hidup yang sehat dengan baik,” paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, dr. Daisy Ch Urbinas mengatakan sosialisasi dilakukan  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Kementerian Kesehatan, agar masyarakat mengenal secara jelas tentang penjakit kusta, mulai dari gejala dan ciri-cirinya seperti apa.

“Jadi kami himbau masyarakat ketika memiliki ciri-ciri penyakit kusta atau gejalanya, maka langsung datang berobat. Obat diberikan secara gratis dan petugas kesehatan ada di masing-masing Puskesmas,” ujarnya.(itb/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *