Jadi Lanud Silas Papare dan Dipimpin Marsekal Pertama

Roberth Yewen/Cenderawasih Pos
SELAMAT DATANG KASAU: Penjabat Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn), Soedarmo mengalungkan noken kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM, ketika tiba di Base OPS Lanud Jayapura, Selasa (24/7) kemarin.

*Besok Akan Diresmikan KASAU

SENTANI- Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM, mengatakan bahwa mulai hari Rabu (26/7) besok Lanud Jayapura akan berubah nama menjadi Lanud Silas Papare, sekaligus menjadi dinaikan tipe dari sebelumnya tipe B berpangkat kolonel menjadi tipe A yang komandannya adalah bintang satu atau Marsekal Pertama.

“Jadi setelah melalui kajian akademis, maka Lanud Jayapura akan diberikan nama Silas Papare. Kita ketahui Silas Papare adalah pahlawan nasional dan pahlawan integrasi, sehingga beliau sangat berjasa terhadap Papua dan NKRI ini,” ungkapnya saat ditemui wartawan, usai tiba di Base OPS Lanud Jayapura, Selasa (24/7) kemarin.

  “Kemudian juga Lanud Merauke kita ubah menjadi Lanud Abraham Dimara. Kemudian Lanud Timika juga kita rubah nama menjadi Lanud Yanes Kapiauw. Jadi semua pahlawan putra daerah yang kita pakai untuk nama-nama di Lanud yang ada di Papua,” tambahnya.

Jenderal bintang empat dari angkatan udara ini, berharap dengan pemberian nama-nama pahlawan nasional di setiap Lanud yang ada di Papua akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di tanah Papua terhadap Lanud-Lanud tersebut

Selain itu, Yuyu bersama rombongan akan melakukan survey di Lanud Jayapura terkait dengan penambahan satu skadron helikopter. “Jadi kita masih survey apakah yang tepat akan ditempatkan di Jayapura atau di Biak, karena mengingat Koopsau 3 berada di biak makonya,” ucap mantan Wakasau ini.

Tidak hanya itu, selaku KASAU, Yuyu akan melihat lokasi rumah sakit Lanud Jayapura yang akan dibangun Eye Center atau rumah sakit mata. Ini sudah ada kerjasama dengan yayasan dan akan segera dibangun. “Jadi akan dibangun rumah sakit mata di Jayapura ini, apabila hasil kajian cocok untuk dibangun. Eye Center ini akan menjadi rujukan di Papua dan yang pertama di Indonesia timur,” bebernya. Akhir dari kunjungan ini, Yuyu akan meresmikan TK Angkasa milik Lanud Jayapura bersama-sama dengan Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Ayu Yuyu Sutisna. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *