2 Napi Berhasil Diamankan, 29 Napi Masih DPO

Pihak Kepolisian Polres Jayapura bersama-sama pihak Lapas Narkotika Doyo Baru, saat mengecek bagian dari lapas yang digunakan narapidana untuk kabur di Lapas Narkotika Doyo Baru, Minggu (22/7) kemarin.

SENTANI- Sebanyak kurang lebih 31 narapidana (Napi) kabur di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas II Jayapura di Doyo Baru Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, Minggu (22/7) kemarin.

Dari 31 Napi yang kabur ini, 2 orang Napi berhasil ditangkap dan diamankan kembali ke Lapas Narkotika, sedangkan 29 Napi lainnya masih dalam pengejaran pihak Lapas dan Kepolisian Polres Jayapura.

  Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, saat dikonfirmasi membenarkan kabar kaburnya puluhan Napi tersebut  ” Ia benar sampai siang ini informasi yang kami terima sudah 31 napi yang kabur dari lapas narkotika dan 2 orang napi berhasil kami amankan, atas nama M. Sofian dan Denis Oray, sedangkan 29 Napi lainya dinyatakan sebagai buron dan masuk dalam DPO,” ungkapnya saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos melalui telepon selulernya Minggu (22/7) kemarin.

  Menurut Kapolres Victor, para narapidana ini berhasil kabur setelah memotong kawat tahanan menggunakan alat pemotong besi atau gergaji besi, sehingga langsung keluar dari lapas narkotika.

  ” Dari hasil informasi sementara, para Napi ini kabur setelah memotong kawat tahanan menggunakan alat pemotong besi, yaitu gergaji besi,” ucapnya.

  Dia menyatakan, untuk menangkap para narapidana yang kabur ini, pihaknya telah membentuk tim gabungan yang akan melakukan penyelidikan lebih dalam, sekaligus melakukan pengejaran terhadap para Nnapi yang kabur ini.

  “Kami Sudah bentuk tim dan poskonya di lapas. Tim ini akan melakukan penyelidikan lebih dalam soal Napi yang kabur, selain itu, tim ini akan melakukan pengejaran,” ujar mantan Kapolres Mimika ini.

  Selain itu, nanti ada tim dari Binmas Polres Jayapura yang akan melakukan sosialisasi kepada para narapidana dan anggota Lapas Narkotika, sehingga kedepan tidak terulang lagi ada napi yang melarikan diri dari Lapas Narkotika ini.

Victor menghimbau kepada para napi yang melarikan diri agar dapat menyerahkan diri kembali di polsek terdekat, karena kalau tidak pihaknya akan mengambil tindakan tegas yang terukur.

“Kami himbau para napi yang kabur untuk menyerahkan diri kembali, karena kalau tidak kami akan ambil tindakan tegas yang terukur,” pungkasnya.

  Sementara itu, Kepala Lapas Narkotika Doyo Baru, Basuki Wijoyo, saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa dirinya masih berada di luar daerah, sehingga belum bisa memberikan keterangan, terkait narapidana yang kabur di Lapas Narkotika Doyo Baru.

“Saya masih di luar daerah, kalau bisa konfirmasi langsung ke Kapolres atau ke bagian OPS Lapas Narkotika,” ujarnya sambil memohon maaf. (bet).

Berikut Nama-Nama DPO Narapidana Kabur dari Lapas Narkotika Doyo Baru:

Agus Taleng alias Agus (PNG)

Ismail alias Mail (Indo)

Giovani Regent Pajeru alias Adam (Indo)

Jerry Arfando (PNG)

Justin Maikol (PNG)

Tommy Demonggerng (Indo)

Brian Paul (PNG)

Nayang Thomas Wepafoa (Indo)

Yosias Nisiptu (Indo)

Dani Mario alias Dan (PNG)

Brandon Jhon alias Guma (PNG)

Frans Sarubon (PNG)

Ferdy Ireow (Indo)

Andi Ramli alias Iksan (Indo)

Herman Nauyagir alias Herman (Indo)

Harold Baona (PNG)

Roni Oagay (Indo)

Agus Salim alias Aco (Indo)

Indra (Indo)

Mex Wepafoa (Indo)

Junior Jules alias Brata (PNG)

Andri Sasarai (PNG)

Libert Morist (PNG)

Irfendi (PNG)

Paulus Hisage (Indo)

Rumbobiar Wataha (Indo)

Maikel Mlendu alias Maikel (PNG)

Garry Towa (PNG)

Sailas Jack Kemi alias Sailas (PNG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *