Timsel KPU Lanny Jaya Dinilai Tidak Adil

Dua calon angota KPU Lanny Jaya, Suryani Yigibalom, SE, MSi dan Yawenus Wenda saat memberikan keterangan pers di Jayapura, Minggu, (22/7).

Semson Yikwa: Tidak Lolos Karena Tidak Miliki Rekomendasi dari Bupati

JAYAPURA-Tim Seleksi (Timsel) Anggota KPU Lanny Jaya dinilai tidak adil dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam verifikasi berkas para calon. “Kami nilai ini ada unsur kesengajaan sehingga kami tidak diloloskan,”kata Suryani Yigibalom, SE MSi, Minggu, (22/7).

Menurutnya,  jumlah calon yang lolos calon anggota KPU Lanny Jaya sebanyak 40 orang, jumlah ASN 10 orang dan calon ASN 3 orang. Diakui, ANS dan calon ASN yang lolos berkas tersebut memiliki surat rekomendasi dari pimpinan, namun tidak dilakukan di kantor pimpinan.

“Kita kecewa dengan kinerja Timsel KPU Lanny Jaya karena pada PKPU No 7 Tahun 2017, Bab IV, pasal 19 ayat 1 poin J mengatakan, surat rekomendasi dari pejabat pembina kepegawaian bagi ASN yang akan mengengikuti seleksi calon KPU ini tidak harus diwajibkan dari Sekda atau bupati, jadi rekomendasi ini bisa dilakukan oleh  OPD atau asisten,” kata Suryani yang tidak diloloskan Timsel karena mendapat rekomendasi dari asisten III ini.

Ia berharap Timsel ada keadilan, karena  jangan sampai beberapa kader potensial di Lanny Jaya yang bisa memimpin KPU secara profesional tidak diloloskan.

“Sekda dan bupati jika  mengeluarkan rekomendari tidak bisa sembarang, harus meilihat dari pengalaman organisasi, karier jabatan karena ini akan berpengaruh pada kinerja KPU Lanny Jaya kedepan,”bebernya.

Menangapi hal ini, Ketua Timsel, Semson Yikwa mengungkapkan, bagi ASN yang tidak lolos karena rekomendasinya bukan bupati atau Sekda.

“Rekomendasi itu harus dari bupati atau bupati minta Sekda, karena yang punya wewenang itu bupati dan Sekda, tidak bisa asisten atau di bawahnya, karena pejabat yang berwenang itu bupati yang mendatnya turun ke Sekda, kebanyakan membawa rekomendasi dari kepala dinas dan asisten,”pungkasnya.(oel/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *