639 Personel TNI/Polri Siap Amankan Pilkada Paniai

Humas Polda
Apel gelar pasukan di halaman Mapolres Paniai dalam rangka pengamanan Pilbub Paniai, Sabtu (21/7).

PANIAI- Dalam rangka pengamanan  Pemilihan susulan Kepala Daerah (Pilkada)  Bupati dan Wakil Bupati Paniai pada 25 Juli nanti, Polres Paniai menggelar apel pasukan di halaman Mapolres Paniai yang dipimpin langsung Kapolres Paniai, AKBP Supriyagung, SIK, MH, Sabtu (21/7).

Dalam apel gelar pasukan itu, Kapolres AKBP Supriyagung menekankan kepada seluruh peserta apel gelar pasukan bahwa polisi adalah aparat keamanan yang diamanatkan Undang-undang untuk mengawal pelaksanaan pengamanan Pilkada 2018 Bupati dan Wakil Bupati Paniai.

“Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus mengawal agenda yang sudah ditetapkan oleh negara. Masing-masing perwira pengendali lapangan agar bisa mengendalikan anggota dan mengawal pelaksanaan Pilbub ini dengan baik, mulai membawa kotak suara sampai ditujuan dan juga dibawa kembali ke Kantor KPU Paniai,”ucapnya.

Supriyagung berharap, pelaksanaan Pilbub Paniai bisa berjalan aman, tenteram dan damai. Siapapun  yang terpilih, itulah pemimpin bagi warga Paniai.

“TNI/Polri adalah aparatur negara yang mengawal jalannya agenda nasional ini, konsisten dengan tidak melakukan politik praktis, netralitas tetap dijaga,” tegasnya.

Sekadar diketahui, Kabupaten Paniai terdiri dari 23 distrik, 216 kampung dan 267 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari 23 distrik itu, jalur udara terdapat 6 distrik, jalur air/danau 13 distrik dan jalur darat 4 distrik.

“Kekuatan personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkada Paniai sebanyak 539 personel untuk Polri dan TNI sebanyak 100 personel, kita akan sebar hingga ke semua TPS,”terangnya.

Ditambahkan, setiap distrik akan ditempatkan perwira pengendali. Dalam hal ini, apa bila terjadi situasi yang bisa dikatakan tidak memungkinkan maka bisa dilakukan upaya sesuai undang-undang.

“Kita sudah bekali masing-masing anggota dalam mengantisipasi apabila ada yang mengganggu kotak suara,”pungkasnya.(fia/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *