Honor Belum Dibayar, Disarankan Guru Kontrak Gugat ke Pengadilan

FOTO : FIKTOR PALEMBANGAN/CENDERAWASIH POS

Demo gabungan guru kontrak dan pengusaha menuntut pembayaran hak mereka di Halaman Kantor Bupati pekan lalu. Plt. Bupati Herry A Naap menyarankan ratusan guru kontrak yang belum dibayar honornya Tahun 2017 melakukan gugatan ke pengadilan supaya ada putusan sebagai dasar untuk membayarnya.

BIAK-Plt Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd menyarankan kepada ratusan guru kontrak yang honornya belum dibayarkan selama Tahun 2017 untuk melakukan gugatan ke Pengadilan Negeri Biak.

Saran Plt bupati itu disampaikan menanggapi aspirasi guru kontrak yang menuntut agar honor mereka Tahun 2017 segera dibayarkan Pemkab Biak Numfor.

Plt bupati menegaskan,Pemkab Biak Numfor tidak bisa mengalokasikan anggaran untuk pembayaran honor guru kontrak karena tidak ada dasar hukum yang dijadikan dasar mengalokasikan anggaran yang baru.

“Saya sarankan supaya gugat perdata ke pengadilan, kalau tidak ada putusan dari pengadilan yang memerintahkan supaya dilakukan pembeyaran, saya tidak bisa. Saya tidak bisa mengalokasikan anggaran untuk membayar kalau tidak ada dasarnya, saya tidak mau dipenjara karena salah dalam aturan atau kebijakan,” kata Herry Naap yang mengaku siap membayar honor guru kontrak jika ada dasarnya hukumnya.

Herry Naap mengaku menyayangkan sikap guru kontrak Tahun 2017 yang seolah-olah tidak bersikap bijaksana melihat persoalan belum dibayarkannya honor mereka itu.  Kekecawaan itu dikemukakan karena sudah kesekian kalinya memberikan masukan sebagai solusi terbaiki, namun tidak direspon dengan baik.

Bahkan menurut Herry Naap, ada kesan persoalan guru kontrak dipolitisir oleh oknum-oknum tertentu. Hal itu dikatakan, karena ketika maju sebagai Calon Bupati lalu dilakukan unjuk rasa besar-besaran dan menduduki kantor bupati hingga malam , namun saat itu Herry Naap langsung mengantar guru kontrak ke Kejaksaan Negeri Biak untuk melaporkan persoalan tersebut.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *