Gubernur Dorong Kabupaten Penghasil Sagu di Papua Buat Home Industri

Foto Humas Pemprov Papua for Cepos

Penjabat Gubernur Papua Soedarmo saat mengunjungi sagu di Kepulauan Meranti, Riau, Kamis (19/7).

JAYAPURA- Guna meningkatkan hasil produksi sagu di masa mendatang, Penjabat Gubernur Provinsi Papua Soedarmo mendorong kabupaten penghasil sagu di Papua agar dapat menggalakkan home industri tanaman pangan lokal pada tiap-tiap distrik.

”Mungkin tidak harus berskala industri dulu dalam  mengembangkan produksi sagu Papua.  Bisa diawali dulu dengan home industri di semua distrik. Diantaranya mengembangkan sagu untuk dibuat tepung seperti yang ada di Kepulauan Meranti saat ini,”ungkap Gubernur, Soedarmo disela-sela kun­jungan ke Pabrik Tepung Sagu PT. National Sago Prima, Kampung Tanjung Bandul, Distrik Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepu­lauan Meranti, Kamis (19/7).

Sementara itu dalam kun­jungan Gubernur Soedarmo ke Pulauan Meranti Riau ini  didampingi sejumlah Bupati dan Kepala Organisasi Perangkat Dae­rah (OPD) bidang perekonomian.

”Kita sengaja datang ke Meranti untuk melihat sekaligus mempelajari sejumlah hal, untuk selanjutnya dikembangkan ke daerah masing-masing, terutama dalam pengelolaan produksi sagu,”ujar Soedarmo.

Gubernur sangat menya­yangkan karena Papua memiliki wilayah yang banyak pohon sagu tapi tidak dikembangkan secara maksimal hingga saat ini. Padahal kekayaan alam yang ada ini bisa menopang peningkatan ekonomi masyarakat di Papua.(ans/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *