Tidak Dibebankan ke Konsumen

Priyadi/Cepos
LAYANI PEMBELI: Karyawan toko Mekar Sari Entrop saat melayani pembeli dengan memasukkan barang belanjaan ke dalam kantong plastik, Rabu (18/7).


JAYAPURA-Penggunaan kantong plastik ramah lingkungan yang selama ini harganya dibebankan ke konsumen saat berbelanja, saat ini sudah menjadi tanggung jawab pemilik usaha.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan  Kebersihan, Kota Jayapura, Ir. Ketty Kailola, M.Si., mengatakan, penerapan ini sudah berlaku kurang lebih satu tahun, karena sudah ada aturan dari Pemkot Jayapura.
“Kalau masyarakat berbelanja di swalayan atau lainnya,  sekarang sudah tidak ditagih lagi untuk bayar kantong plastik, karena sudah dibebankan di pemilik usaha,” jelas Ketty Kailola kepada wartawan, Rabu (18/7).

Sebelumnya menurut Ketty, masyarakat harus membayar kantong plastik saat berbelanja di supermarket atau toko. Namun dari hasil konsultasi publik yang dilakukan pihaknya bersama DPRD Kota Jayapura, pembayaran kantong palstik tidak boleh lagi dilakukan. Sebab saat berbelanja, harga tersebut sudah dibebankan ke konsumen saat berbelanja.

“Apalagi, hasil poling DLH bersama masyarakat, masyarakat keberatan jika setiap belanja kantong plastik dibebankan pada mereka,” tuturnya.

Ketty menambahkan bahwa pelaku usaha harus memproduksi sendiri kantong plastik ramah lingkungan, karena hal itu sudah masuk dalam ongkos produksi mereka. (dil/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *