Stok Terbatas, Harga Cabai Capai Rp 120 Ribu/Kg

Yohana/Cepos

Penjual komoditas pertanian di Pasar Sentral Hamadi saat melayani pembeli, Rabu (18/7) kemarin.

JAYAPURA – Terkendala stok mengakibatkan harga komoditas pertanian di pasaran, khususnya cabai mengalami kenaikan harga. Andi penjual komoditi pertanian di Pasar Youtefa mengatakan, pihaknya saat ini kesulitan mendapatkan stok komoditas pertanian seperti cabai rawit dan tomat langsung dari petani karena stok terbatas dan hasil panen petani juga tidak maksimal seperti hari-hari biasanya.

“Kami terpaksa mendatangkan cabai rawit dan tomat dari Makasar melalui kargo, karena harga komoditas pertanian lokal saat ini masih mahal dan banyak yang rusak karena hujan. Berbeda de­ngan komoditas pertanian yang kami datangkan dari Manokwari, Merauke hingga Makasar, cabai rawit dan tomat jauh lebih segar dan harganya juga lebih terjangkau,” kata Andi kepada Cenderawasih Pos, Rabu (18/7) kemarin.

Lanjutnya, saat ini pihaknya menjual cabai rawit Rp 100 ribu- Rp 120 ribu/kg, naik dari harga sebelumnya Rp 80 ribu/kg,  sedangkan untuk tomat Rp 25 ribu- Rp 30 ribu/kg turun dari harga sebelumnya Rp 40 ribu/kg.

Selain cabai rawit, kenaikan harga juga terlihat pada cabai keriting dan cabai besar, dimana cabai keriting dari harga 50 ribu/kg naik menjadi Rp 70 ribu/kg, cabai merah besar dari Rp 45 ribu/kg naik menjadi Rp 60 ribu/kg,  sedangkan untuk harga bawang merah dan bawang putih masih stabil di kisaran harga Rp 40 ribu- Rp 45 ribu/kg.

“Kenaikan harga sudah terjadi dalam dua hari terakhir ini. Kami prediksi harga masih akan terus naik jika cuaca di Jayapura masih belum stabil dan stok komoditas petani lokal terus berkurang sedangkan permintaan banyak,” terangnya.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *