Selundupkan 750 Gram Ganja Serorang Penumpang Dibekuk

Kapolsek KPL Jayapura, Iptu Joko Prayogo, S.Sos bersama anggotanya saat memperlihatkan barang bukti dan pelaku yang berhasil diamankan di Pelabuhan Laut Jayapura lantaran membawa ganja, Rabu (18/7).

JAYAPURA-Seorang pria calon penumpang KM. Sinabung dengan inisial AR (24)  terpaksa dibekuk  anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura di jalur pemeriksaan tiket penumpang kapal, di Pelabuhan Laut Jayapura, Rabu (18/7) kemarin. Pasalnya, pelaku kedapatan membawa ganja sebanyak 750 gram, yang rencananya diselundupkan ke Biak Numfor dengan kapal laut.

  Penangkapan pria 24 tahun itu dibenarkan oleh Kapolsek KPL Jayapura, Iptu Joko Prayogo, S.Sos saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya. Menurut  Joko Proyoga, dari hasil pemeriksaan di tas punggung warna coklat merk Weblo milik pelaku,  ditemukan Narkotika jenis ganja kering sebanyak 31 bungkus plastik bening ukuran sedang yang dirangkai dengan lakban coklat dengan berat keseluruhan sekitar 750 Gram.

  “Rencana BB tersebut akan dibawa ke Kabupaten Biak atas permintaan pemilik Mus, pelaku dijanjikan uang jasa pengantaran sebesar Rp 1 juta  hingga Rp 2 juta,” ucap Joko.

   Dari hasil interogasi di Polsek KPL Jayapura, pelaku mendapatkan daun ganja tersebut  dari temannya dengan inisial Mus yang beralamat di Perumnas III Waena.“Pengakuan pelaku sudah sering melakukan pengantaran barang Narkotika jenis Ganja kering melalui kapal penumpang untuk dibawa ke Biak,” ungkapnya.

   Pelaku dan barang bukti, kata Joko, sudah dilimpahkan ke Satuan Narkoba Polres Jayapura Kota guna proses hukum lebih lanjut. Dengan BB yang diamankan yakni 750 gram ganja, tas punggung warna coklat merk Weblo, 1 buah tiket kapal KM. Sinabung tujuan Biak dan 1 buah HP Nokia warna hitam.

  Penangkapan pelaku sendiri, kata Joko, terjadi sekira pukul 14.00 WIT  pada saat giat embarkasi kapal KM. Sinabung di dermaga baru pelabuhan Laut Jayapura dimulai. Anggota Polsek KPL Jayapura yang dipimpinnya saat itu melaksanakan pengamanan dan sweeping terhadap calon penumpang yang bakal naik ke atas kapal.

  Sekira pukul 14.45 WIT,  anggota yang melaksanakan pengamanan di jalur pemeriksaan tiket penumpang mencurigai pelaku dan selanjutnya melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaannya dan ditemukan Narkotika jenis Ganja. (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *