Prioritaskan Caleg Incumbent

JAYAPURA- Sekretaris Umum DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Carolus Bolly, mengatakan bahwa dalam penyusunan caleg untuk Pemilu Legislatif 2019 mendatang, Partai Demokrat pada umumnya mengutamakan calon incumbent, dalam hal ini kader Partai Demokrat yang sudah menjabat di DPR, baik di tingat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

“Kecuali yang bersangkutan tidak lagi mencalonkan diri atau pindah partai. Jadi, dari incumbent di tingkat provinsi, yang mana dari sekiranya 16 kursi, hanya 11 saja yang mendaftar. Sebab, ada yang tidak lagi mencalonkan diri, ada pula yan pindah partai, serta pula ada yang naik jenjang dari DPR tingkat provinsi ke tingkat DPR RI,” ungkap Carolus Bolly kepada wartawan, Selasa (17/7) lalu.

Calon incumbent ini wajib di nomor urutan teratas. Jadi, nomor urut 1 dan 2 ditempati calon incumbent, yang mana diikuti di nomor urut selanjutnya ialah ditempati pengurus partai. Setelah itu barulah keterwakilan perempuan.

“Target kami yang lalu 16 kursi DPR Papua. Kali ini 20 kursi lah. Artinya, kalau bisa ada peningkatan dari kursi yang sudah kita dapat saat ini,” tambahnya singkat.

Sementara itu, Partai Keadilan Sosial (PKS), melalui Ketua DPD PKS Provinsi Papua, Kusmanto, mengatakan bahwa PKS menarget 8 kursi di DPR Papua. “Jadi kami dari PKS, dari 55 kursi yang disiapkan, kami ajukan 44 bakal calon, diantaranya 40,9 persen keterwakilan perempuan, yang mana semuanya ini tersebar di 7 dapil di Provinsi Papua,” kata Kusmanto.

Demikian, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sendiri mengajukan 46 dari total 55 kursi yang disediakan. 46 calon ini sudah sesuai rekomendasi, yang mana sudah diuji dan dikenal masyarakat Papua. Keterwakilan perempuan sendiri mencapai 38 persen.

“Jadi Anggota DPR ini harus memperjuangkan hak rakyat, penderitaan rakyat. Kalau kita sudah jadi anggota dewan, beban yang akan kami pikul di bahu kami ini adalah penderitaan dan perjuangan untuk mensejahterakan rakyat,” pungkas Ketua DPW PKPI, Rames Wally. (gra/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *