Pembangunan Kantor Dinas Pendidikan Jayawijaya, Terbengkalai

Denny/ Cepos
Lokasi bangunan Kantor Dinas Pendidikan Jayawijaya yang terbengkalai. Tahun ini belum bisa dilanjutkan karena dinas pendidikan masih fokus pembenahan bangunan sekolah.

WAMENA-Pembangunan Kantor Dinas Pendidikan Jayawijaya terbengkalai alias tidak dilanjutkan. Pembangunannya sendiri dimulai sejak Tahun 2016 lalu.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jayawijaya, Bambang Budiandoyo mengakui, sebenarnya pembangunan Kantor Dinas Pendidikan dilakukan secara multi years, namun hingga saat ini belum dilanjutkan.

“Sebenarnya kami sudah usulkan tapi mungkin dinilai belum diperlukan sehingga belum dilanjutkan pembangunannya,”ungkapnya, Kamis (19/7) kemarin.

Dikatakan, pembangunan Kantor Dinas Pendidikan Jayawijaya yang dimulai sejak 2016 lalu itu baru sebatas fondasi dan tiangnya.

“Pemerintah pusat hanya menyediakan dana untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) sedangkan pagu untuk DAK ini tidak ada untuk pembangunan infrastruktur, tapi langsung ke pendidikan sehingga agak berat minta bantuan ke pusat untuk pembangunan infrastruktur,”jelasnya.

Usulan melanjutkan pembangunan ke APBD perubahan, kata Bambang, itu tidak bisa dilakukan karena APBD perubahan sifatnya bukan menambah tapi memperbaiki kegiatan, dananya tetap pagu anggaran Dinas Pendidikan tapi hanya memperbaiki.

“Yang utama DPA induk, mungkin ketika dikerjakan ada perbedaan -perbedaan itu yang dimasukkan dalam perubahan, tapi intinya pagu anggarannya tetap sama,”katanya.

Ia menambahkan, untuk tahun ini program yang dimiliki adalah rehab, artinya ada sekolah yang bangunanya perlu direhap kembali dan ada juga bangunan sekolah sudah baik tapi fasilitasnya seperti meja dan kursi yang kurang, sehingga ini dulu yang perlu dilihat.

“Pembangunan kantor dinas belum bisa dilakukan tahun ini, kita masih fokus pada pembenahan sekolah -sekolah dan fasilitas pendidikan yang masih kurang,”tambahnya.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *