Demo di DPRP, ini yang Disampaikan Solidaritas Ratapan Kemanusiaan

Ratusan massa yang mengatasnamakan Solidaritas Ratapan Kemanusiaan, melakukan aksi demonstrasi yang dilakukan di halaman kantor DPR Papua, Kamis (19/7) siang ini.

JAYAPURA- Berkaitan dengan kasus yang terjadi di kampung Alguru, Kabupaten Nduga, ratusan massa yang mengatasnamakan Solidaritas Ratapan Kemanusiaan, melakukan aksi demonstrasi yang dilakukan di halaman kantor DPR Papua, Kamis (19/7) siang ini.

Tujuan dari aksi massa yang dilakukan ini akibat ketidakpuasan terhadap kinerja TNI-Polri, khusunya di Alguru, Nduga, yang mana mereka meminta pertanggungjawaban atas korban penembakan warga sipil.

“Peristiwa di Nduga adalah pelanggaran HAM berat. Kami ada di tempat ini bukan untuk dibunuh seperti binatang. Di mana perasaan mereka? Sungguh tidak ada rasa kemanusiaan sama sekali,” ungkap salah seorang demonstran dalam orasinya.

Perihal pelanggran HAM, pada umumnya di Papua merupakan fakta. Bukannya opini, sebab dari 2013 sampai sekarang, belum ada penyelesaiannya sama sekali.

“Sila kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, mana untuk Papua? Rakyat Papua malah dibunuh seenaknya. Makanya, kita sudah dipantau dunia internasional,” tambahnya.

TNI-Polri yang ditempatkan ini menghancurkan moralitas rakyat Papua. Maka itu, pemerintah pada umumnya diminta bertanggung jawab atas pemulihan kondisi keamanan dengan menarik seluruh personel TNI dan Polri yang ada di Nduga. Selain itu, pembentukan tim pencari fakta dirasa perlu untuk mendapat akses terhadap pencarian fakta di Nduga.
Hingga berita ini diturunkan, orasi masih berlangsung di halaman kantor DPR Papua. (gra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *