Bawa Ganja, Penumpang KM Sinambung Diamankan

Ka Sub Sektor KP3 Laut Ipda M. Bagus Irianto, SE ketika menginterogasi IP (tengah) karena kedapatan membawa tiga bungkus saat turun dari KM Sinabung, Kamis, (19/7) kemarin.

BIAK-Kepolisian Sub Sektor Kawasan (KP3) Laut Biak mengamankan seorang pria yang turun dari KM Sinabung, Kamis (19/7) kemarin. Pria berinisial IP (28) itu, diamankan petugas KP3 Laut karena kedapatan membawa tiga bungkus ganja kering. bahkan dalam kemasan ganja kering itu, petugas menyita sebuah amunisi dari IP.
IP yang kini sudah diamankan di Polres Biak Numfor diketahui membawa ganja dari gerak geriknya yang mencurigakan ketika baru turun dari KM Sinabung. Karena mencurigakan, petugas membuntuti pelaku hingga ke pintu keluar pelabuhan dan langsung dilakukan pemeriksaan.

Dari pemeriksaan sekaligus penggeledahan yang dilakukan petugas itu, ditemukan satu buah plastik bening berisikan ganja yang disimpan di saku celana sebelah kiri. Selanjutnya tas ransel yang dibawa oleh pelaku juga digeledah, lagi-lagi petugas menemukan dua buah plastik bening berisikan ganja.

“Awalnya gerak-geriknya mencurigakan, lalu kami buntuti dan periksa. Dari penggeledahan yang dilakukan ditemukan ganja kering dan telah dikemas dalam plastik. Ganja kering itu dibawa dari Jayapura,”jelas Kapolres Biak Numfor AKBP Rachmad Amsori, S.IK didampingi Ka. Sub Sektor KP3 Laut Ipda M. Bagus Irianto, SE.

Secara pastinya berapa berat dari ganja yang berhasil diamankan itu belum bisa dipastikan. Pihak KP3 Laut akan menyerahkan BB tersebut ke bagian Satuan Narkoba Polres Biak Numfor untuk dilakukan proses penyelidikan selanjutnya.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat akan dikenakan Undang-undang RI nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika atau tindak pidana penyalahgunaan Narkotika jenis ganja sebaimana diatur dalam pasal 114 ayat (1) jo 111 ayat (1). Sekadar diketahui, bahwa kasus penangkapan penumpang yang turun dari kapal putih membawa ganja sudah kesekian kalinya dilakukan oleh KP3 Laut Biak dan Satnarkoba Polres Biak Numfor. (itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *