30 Warga Tewas di Jalan Raya

ilustrasi kecelakaan

JAYAPURA- Dalam kurun waktu enam bulan, terhitung Januari hingga Juni tahun 2018, sedikitnya ada 30 orang warga Kota Jayapura yang dilaporkan meninggal dunia akibat terlibat kecelakaan lalulintas di jalan raya.

   Hal tersebut diungkapkan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Jayapura Kota, AKP Andyka Aer, S.IK saat ditemui Cenderawasih Pos di ruang kerjanya, Rabu (18/7) kemarin.

Menurutnya, angka tersebut tentu mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2017 pada semester pertama yang hanya berjumlah sebanyak 20 orang (selengkapnya lihat tabel). “Rata-rata kecelakaan yang menyebabkan orang meninggal dunia  selain dipengaruhi miras, penyebab lainnya adalah ngebut dan ugal-ugalan di jalan raya,” beber Andika.

  Selain itu, factor lainnya kata Andyka adalah kelalaian daripada si pengendara yang kurang berhati-hati saat membawa kendaraannya terutama saat berputar arah.

Guna meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya,  terutama pada pengendara roda dua, dirinya akan membiasakan untuk diproses para pengendara yang ugal-ugalan di jalan raya hingga menyebabkan orang mengalami kecelakaan.

  “Biasanya korban dan pelaku minta diatur secara kekeluargaan saja, namun jika kalalaian itu disengaja maka sebisa mungkin akan kami proses dengan tujuan memberikan efek jera bagi pelaku dan menjadi contoh bagi pengendara lainnya,” tegasnya.

   Pihaknya juga akan rutin melakukan razia terutama pada kendaraan yang  kerap melakukan pelanggaran, misalnya tidak menggunakan helm, ngebut, ugal-ugalan dan lainnya.

“Jalan raya adalah salah satu  mesin pembunuh yang handal pada masyarakat, sehingga itu bagi pengendara untuk selalu hati-hati dalam berkendaraan. Selain memperhatikan  keselamatan diri sendiri juga perhatikan keselamatan orang lain, itu kunci keselamatan dalam berkendaraan,” paparnya. (fia/tri)

Data Lakalantas Pelanggaran  Semester 1 Tahun 2017 dan 2018

Uraian                                       Semester 1 tahun 2017           Semester 1 tahun 2018

Jumlah kejadian                                    123                                           253

Meninggal Dunia                                    20                                             30

Luka Berat                                             107                                            153

Luka Ringan                                          78                                             180

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *