Pemilu 2019 di Papua, Diikuti 16 Parpol

Grati /Cepos

Komisioner KPU Provinsi Papua menerima semua Parpol yang mendaftarkan Bacaleg hingga batas akhir pendaftaran, tadi malam

JAYAPURA- Berkaitan dengan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu Legislatif 2019 mendatang, khususnya di Provinsi Papua, hingga tepat di pukul 00.00 WIT tengah malam, 16 Partai Politik (Parpol) seluruhnya telah melakukan pendaftaran di kantor KPU Provinsi Papua.

Seperti diketahui, parpol pertama yang mendaftar ialah Partai Amanat Nasional (PAN) melalui DPD PAN Provinsi Papua. Sementara itu, sebaliknya, Partai Bulan Bintang (PBB) yang paling buntut melakukan pendaftaran, yakni 15 menit sebelum tengah malam, di mana pendaftaran ditutup.

Berdasarkan pemantauan Cenderawasih Pos langsung dari kantor KPU Provinsi Papua, hingga pukul 01.00 WIT lewat tengah malam, dari total seluruh parpol yang melakukan pendaftaran, yakni 16 parpol, tinggal menyisakan 2 parpol saja yang masih menemui kendala, yakni PBB dan Partai Golkar. Artinya, meskipun berkas telah diterima KPU Provinsi Papua, namun masih terdapat satu-dua hal yang perlu dilakukannya perbaikan.

Oleh sebab itu, KPU Provinsi Papua, yang mana dimpinpin komisionernya, Melkianus Kambu, bersama Bawaslu Provinsi Papua, terpaksa harus memberikan skors kepada kedua parpol tersebut untuk memenuhi persyaratan calon, sehingga dapat dilakukan verifikasi dan diterima secara resmi oleh KPU Provinsi Papua.

Sebaliknya, tercatat 14 parpol telah resmi diterima dokumen-dokumen bacalegnya. 14 Partai ini diantaranya, PAN, NasDem, Gerindra, Demokrat, Perindo, Partai Berkarya, PDI Perjuangan, PKPI, PKS, Hanura, PPP, PKB, Partai Garuda, serta pula PSI.

Sementara ini, KPU Provinsi Papua bersama Bawaslu Provinsi Papua masih standby menunggu parpol yang tersisa untuk melengkapi dokumen-dokumen persyaratan bakal calon legislatifnya.

Diserbu Parpol, KPU Kota Jayapura Kerepotan

  Sementara itu, Seperti menjadi kebiasaan bagi Partai Politik untuk tidak mengambil waktu di awal dalam mendaftarkan para Calegnya ke KPU. Hasilnya seperti yang sudah diprediksikan bahwa dihari terakhir adalah hari dimana 16 Parpol berbondong-bondong “menyerbu” kantor KPU untuk memasukkan data. KPU dibuat sibuk mengecek satu persatu data para Bacaleg sementara waktu juga dibatasi hingga pukul 00.00 WIT pada Selasa (17/7) kemarin.

Namun data yang diperoleh Cenderawasih Pos hingga pukul 20.00 WIT tadi malam baru tercatat 6 Parpol yang menyambangi kantor KPU beserta “pasukannya” masing-masing. Enam Parpol tersebut adalah Partai Nasdem, Partai Golkar, PPP, Perindo, Partai Garuda dan PDIP. “Sampai jam 8 malam kemarin baru 6 Parpol dan untuk batas waktunya tetap sesuai aturan yakni pukul 00.00 WIT nanti,” kata Ketua KPU Kota Jayapura, Henock Merahabia melalui ponselnya kemarin.

Meski demikian ia tetap meyakini diakhir batas waktu ini seluruh partai akan mengambil kesempatan  ikut dalam Pileg 2019 mendatang. Hanya saja Henock memastikan bahwa dirinya tidak akan mentolelir jika seandainya ada partai yang emmasukkan di luar batas waktu pendaftaran. “Pembukaan sejak 4 Juli lalu dan ditutup hari ii (kemarin) ada waktu yang cukup panjang sehingga kami tidak bisa memberi kelonggaran jika memang sudah jam 12 malam. Pagar langsung tutup, toh waktu untuk persiapan cukup panjang,” katanya.

Disinggung soal kuota perempuan yang wajib dipenuhi, menurut Henock dari enam partai ini seluruhnya telah melengkapi kuota perempuan. Menariknya diakhir pendaftaran partai pendatang baru, Partai Garuda juga mengajukan para  Calegnya. Hanya sayangnya pengurus Partai Garuda yang dihubungi tak ada yang memberi merespon. Sementara untuk Nasdem dan Golkar memastikan mengusung maisng-masing 40 anggotanya dan dari tiap Dapil ditargetkan paling  tidak meraih dua kursi. “Itu target kami, jadi tiap Dapil paling tidak ada wakil Golkar,” kata Rollo. (gra/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *