Bawa Badik di Pasar, Seorang Pria Diamankan

JAYAPURA- Seorang pria dengan inisial  S (33) warga Hamadi Kompleks Hotel Asia, Distrik Jayapura Selatan diamankan aparat kepolisian lantaran diketahui membawa, memiliki, menyimpan dan menguasai senjata tajam  tanpa izin. Pria 33 tahun itu diamankan dalam penertiban di Pasar Hamadi, dimana pada tubuh pelaku ditemukan dua buah senjata tajam jenis badik diselipkan di pingangnya.

“Atas kepemilikan senjata tanpa izin itu, pelaku dikenakan Undang-undang darurat no 12 tahun 1951 dengan ancaman hukumam maksimal 12 tahun penjara,” ucap Kabag Ops Polres Jayapura Kota, AKP Leonardo Yoga, S.IK yang didampingi Kasubag Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Jahja Rumra kepada wartawan di Mapolres Jayapura Kota, Selasa (17/7) kemarin.

Menurut Yoga, pelaku diamankan lantaran sajam yang dimiliki pria 33 tahun itu tidak sesuai dengan jualan yang ada di kios milik ayahnya. Dimana kios tersebut menjual Bahan Pokok (Bapok).

“Pelaku sudah diamankan di Mapolres Jayapura Kota dan sedang didalami, jika memenuhi bukti akan dilanjutkan pada tingkat penyidikan,” terangnya.

Terkait dengan motif pelaku membawa 2 senjata tajam jenis badik, Leonardo Yoga mengaku sedang didalami. Yang pasti, dengan membawa sajam tanpa izin merupakan suatu bentuk tindak pidana.

Diakuinya, bahwa Kepolisian dalam hal ini Polres Jayapura Kota kerap mensosialisasikan dan memberi imbauan terkait dengan larangan membawa sajam.“Yang kami lakukan bukan sekedar imbauan atau mengingatkan, karena membawa sajam tanpa izin sudah diatur dalam Undang-undang. Karena itu, siapa saja yang membawa sajam tanpa izin akan diproses,” terangnya.

Dikatakan, pihaknya tak akan memberikan toleransi pada kepemilikan senjata tajam, khususnya yang berada di tempat umum. Hal ini dikarenakan meresahkan masyarakat setempat. Ke depan pihaknya akan rutin melakukan patroli guna mengantisipasi masyarakat yang membawa sajam tanpa izin. (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *