Ajaran Baru, SMKN 1 Terapkan Kelas Industri

JAYAPURA-Kepala SMK Negeri 1 Jayapura, John Tarukponno, mengatakan bahwa SMK Negeri 1 Jayapura akan mulai menerapkan kelas industri bagi para peserta didiknya pada  tahun ajaran baru ini. Artinya, dalam kelas industri, para peserta didik yang disuguhkan keseimbangan antara belajar teori dan praktek kejuruan.

“Jadi, selain para peserta didik itu belajar teori melalui buku, modul, dan pelajaran dalam kelas pada umumnya, mereka juga akan langsung praktek. Contoh, bagi siswa jurusan perhotelan, setelah mendapat cukup materi dari guru di ruang kelas, mereka akan praktek langsung teknis-teknis pelajaran mereka di hotel,  didampingi guru kami,” kata John Tarukponno kala ditemui Cenderawasih Pos di sela-sela kunjungan Mendikbud RI ke SMK Negeri 1   Jayapura, Senin (17/7) lalu.

Dengan menyelaraskan pembelajaran teori dan praktek dengan porsi yang benar-benar seimbang, sehingga materi pelajaran bagi para peserta didik SMK Negeri 1 Jayapura dapat mudah diserap dengan baik.

“Jadi, kalau mereka sudah lulus dari sekolah kami, mereka bisa langsung siap pakai di industri-industri pariwisata di Papua, Indonesia, bahkan dunia. Bukan apa, sebab, di sekolah kami pun sudah bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” jelasnya.

Dengan demikian, peserta didik SMK Negeri 1 Jayapura yang nantinya lulus, bukan hanya mendapat ijazah dan transkrip nilai, melainkan pula mendapat sertifikat kompetensi, yang mana dapat digunakan di dunia kerja.

“Kami di sini sangat terbuka. Artinya, sekolah kami ini bukan seperti sekolah menengah atas pada umumnya, melainkan sekolah kejuruan bidang industri, sehingga dilengkapi dengan hotel, restoran, ruang busana, maupun salon,” tambahnya.

“Sekolah ini merupakan tempat di mana para peserta didik itu dibentuk, sehingga ketika tamat dari sini, mereka merupakan tenaga kerja handal yang memiliki kapasitas, kompetensi, serta pula keahlian untuk langsung bekerja,” pungkasnya. (gra/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *