400 Bacaleg Resmi Mendaftar di KPU Biak

Komisioner KPU Biak Numfor ketika menerima berkas nama-nama Bacaleg dari Plt. Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Biak Numfor, Boy Markus Dawir, SP pada pendaftaran Bacaleg di hari  terakhir, Selasa, (17/7).

BIAK-KPU Biak Numfor terlihat kewalahan melayani Parpol yang datang mendaftarkan masing-masing Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), kemarin. Bagaimana tidak kewalahan, sejak dibuka 4 Juli lalu tidak satupun Parpol yang mendaftarkan nama-nama Bacalegnya, semuanya memilih datang di hari terakhir pendaftaran.

Dari pantauan Cenderawasih di lapangan, Parpol yang pertama kali datang mendaftarkan Bacaleg-nya adalah PAN, disusul Partai Nasdem, lalu Partai Demokrat disusul Parpol lainnya seperti Perindo, Partai Garuda, PBB, Partai Golkar, PPP dan PKPI. Dan Parpol yang paling terakhir mendaftar adalah partai besutan Tomy Soeharto, Partai Berkarya.

Pendaftaran Bacaleg oleh 16 Parpol itu berlangsung hingga pukul 24.00 WIT, atau waktu batas akhir pendaftaran. Secara keseluruhan dari 16 Parpol yang ikut dalam Pemilu 2019 nanti masing-masing mendaftarkan 25 orang Bacalegnya, sehingga secara keseluruhan ada 400 Bacaleg yang didaftarkan. Mereka akan memperebutkan 25 kursi yang ada di DPRD Biak Numfor pada Pemilu legislatif 2019 mendatang.

“Semua Parpol baru mendaftar di hari terakhir, kami memang kewalahan menerimanya, kami membuka pendaftaran hingga batas waktu terakhir pukul 24.00 WIT,”ujar Komisioner  Logistik dan Keuangan KPU Biak Numfor, Drs Johanis Lalihatu saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos.

Plt. Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Biak Numfor Boy Markus Dawir, SP, mengatakan, keterlambatan pihaknya mendaftar itu disebabkan berkas-berkas Bacaleg harus dipersiapkan dengan baik sebelum diserahkan ke KPU. Partai Demokrat sendiri mengajukan 25 nama Bacaleg yang tersebar di lima Dapil.

Boy Dawir yang juga adalah anggota DPR Papua itu mengatakan, pihaknya di Pemilu Legislatif 2019 menargetkan 5 kursi.  Dari lima daerah pemilihan ditargetkan minimal bisa mendapatkan satu kursi. Partai Demokrat sendiri pada Pemilu 2014 lalu hanya mendapatkan 3 kursi dari lima daerah pemilihan.

               Sekadar diketahui, setiap Parpol mendaftarkan 25 orang Bacaleg, jadi kalau 16 Parpol maka ada 400 Bacaleg yang didaftarkan.  Dan seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa  KPU telah menetapkan tahapan masa pendaftaran Bacaleg pada Pileg 2019 yakni 4-17 Juli 2018.

                Verifikasi terhadap perbaikan daftar dan syarat calon dilakukan pada 1-7 Agustus 2018. Selanjutnya, penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) anggota DPR-DPRD dilakukan 8-12 Agustus 2018. Sebelum akhirnya diumumkan 12-14 Agustus 2018. (itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *