Panwaslu Paniai Diminta Diberhentikan Sementara

Gamel Cepos
JANGAN GEGABAH – Ketua Solidaritas Peduli Demokrasi Kaupaten Paniai, Meki Wetipo (tengah) didampingi Sekretaris, Fransiskus Takimai (kiri) dan Melkias Kadepa ketika memberikan keterangan pers di Kesusteran Maranatha, Selasa (17/7) kemarin. Mereka meminta penyelenggara dan aparat keamanan jangan gegabah.

JAYAPURA-Solidaritas Peduli Demokrasi Kabupaten Pania dalam jumpa pers di Asrama Susteran Waena, Selasa (17/7) meminta kepada KPU Provinsi Papua sebagai lembaga penyelenggara Pilkada Bupati Paniai untuk mempertegas, menjelaskan dan menyampaikan kebutuhan perlengkapan pemilihan (logistik) dalam bentuk surat keputusan dan berita acara pleno sesuai dengan peraturan yang ada

Hal itu ditegaskan Meki Wetipo selaku Ketua Solidaritas Peduli Demokrasi Pania kepada wartawan  di Asrama Susteran Waena, Selasa (17/7).

Kedua, memohon dengan hormat agar Panwaslu Kabupaten Paniai dinonaktifkan untuk sementara waktu dan diambil alih oleh Bawaslu Provinsi Papua.

Ketiga, meminta dengan hormat kepada pihak keamanan dalam hal ini Polda dan Kodam XVII/Cenderawasih agar tidak menambah jumlah pasukan ke Pania, harus mendahulukan pendekatan pasuasif. Hal ini amat penting untuk diperhatikan karena masyarakat Papua, khususnya Paniai sedang dalam kondisi trauma akibat peristiwa Enarotali berdarah 8 Desember 2014 lalu.

Keempat, menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Paniai khususnya yang memiliki hak pilih supaya memilih pemimpin masa depan Paniai yang dapat merubah wajah Paniai menjadi kota peradaban yang sesungguhnya untuk Pegunungan Tengah dan Papua.

Kelima, meminta kepada KPU Provinsi Papua sebagai penyelenggara Pilkada Paniai agar mengambil alih semua peroses pelaksanaan Pilkada, mulai dari penyelenggara, kesekretariatan, Bimtek, pleno, sampai penetapan Bupati dan Wakil Bupati Pania periode berikutnya.

Pihaknya berharap semua hal yang disampaikan itu menjadi perhatian serius pihak terkait dalam hal ini KPU Provinsi Papua atau Pemerintah Provinsi Papua.

Soal indikasi keterlibatan Panwaslu Kabupaten Paniai yang mendukung paslon tertentu, dirinya berharap kepada seluruh jajaran yang terkait untuk menangani persolan ini dengan serius demi keadilan dan terwujudnya demokrasi di Tanah Papua khususnya di Kabupaten Paniai.(kim/ade/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *