Targetkan 95 Persen Vaksin Campak dan Rubella

Denny/Cepos 
SOSIALISASI: Suasana sosialisasi vaksin campak dan rubella yang dilakukan Dinkes Jayawijaya, baru-baru ini.

WAMENA-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayawijaya menargetkan 95 persen anak usia 9 bulan hingga usia kurang dari 15 tahun di Kabupaten Jayawijaya mendapatkan vaksin campak dan rubella, Agustus mendatang.

Kepala Seksi Surveilan dan Imunisasi Dinkes Jayawijaya, Dwi  Ardei Dompas, mengungkapkan, pemberian vaksin campak dan rubella secara massal melalui program Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella di Jayawijaya, akan dilaunching bersamaan dengan pencanangan Rencana Aksi Daerah (RAD) eleminasi TB, 2 Agustus mendatang.

“Kami sudah menyepakati apa saja yang akan dilakukan nanti setelah dilaunching pada tanggal 2 Agustus.”ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (14/7).

Kampanye ini akan berlangsung selama dua bulan penuh dari bulan Agustus sampai bulan September. Untuk itu pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pelatihan.

“Pemberian vaksin secara massal bagi anak-anak  yang merupakan program nasional ini untuk mencegah penularan penyakit  campak dan rubella,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan imunisasi ini, Dinkes akan fokus pada anak-anak usia sekolah mulai dari tingkat PAUD, SD dan SMP sederajat. Sementara pada bulan September, pemberian vaksin akan difokuskan di Posyandu dan layananan kesehatan seperti rumah sakit, klinik swasta dan Puskesmas.

Ia juga melihat untuk Distrik Trikora yang masuk dalam wilayah kategori sangat terpencil karena hanya bisa diakses menggunakan transportasi udara, pihaknya telah menyiapkan petugas untuk menjangkau daerah tersebut, sehingga anak-anak di wilayah itu juga memperoleh haknya dalam mendapatkan vaksin campak dan rubella.

Dwi Ardei juga mengharapkan masyarakat di Distrik Trikora  tidak harus berbondong-bondong ke layanan di kota. “Ada beberapa daerah yang memang jauh seperti, Tailarek, Trikora dan Melagalome, itu semua sudah direncanakan seluruh anak di daerah tersebut harus mendapatkan haknya untuk diimunisasi,” tambahnya.(jo/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *