Kontingen Kabupaten Nabire Juara Lokabhara

Elfira/Cepos
SERAHKAN PIALA: Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, MH., menyerahkan piala pada kontingen Kabupaten Nabire yang berhasil keluar sebagai juara pada ajang Lokabhara di Mapolres Mimika, Sabtu (14/7).

TIMIKA-Kontingen Kabupaten Nabire menjadi pemenang dalam ajang Lomba Pramuka Saka Bhayangkara (Lokabhara) Papua ke-2 Tahun 2018 yang diselenggarakan Polda Papua di Mapolres Mimika Mile 32.

Dengan kemenangan tersebut, maka yang menjadi Tuan Rumah Lokabhara selanjutnya akan dipusatkan di Kontingen Nabire.

Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, MH., yang menutup secara langsung kegiatan Lokabhara ke 2 tahun 2018 menyebutkan kegiatan rutin tahunan Lokabhara tersebut merupakan kegiatan untuk generasi muda yang sadar ikut pendidikan non formal.

Menurutnya, Kepramukaan punya visi misi yang baik dan kewajiban anak bangsa untuk ikut dan berkesempatan miliki nilai tambah sebagai anak bangsa. Selain itu, ia mengingatkan kepada generasi muda untuk waspada terhadap sikap intoleran radikalisme karna bertentangan dengan dasar negara.

“Pendiri bangsa kita sudah mewariskan Pancasila, didasarkan semangat amalkan nilai Pancasila yakinlah radikalisme tidak pernah ada tempat disanubari kita semua di tengah bangsa indonesia terutama di papua,” ucap Rafli Amar kepada wartawan usai menutup kegiatan Lokabhara di halaman Mapolres Mimika.

Dirinya juga mengingatkan kepada peserta Lokabhara agar menjadi palopor bagi berita hoax yang tidak jelas, menjadi sebuah tradisi dalam menjalin hubungan satu sama lain. Boy Rafli meminta agar generasi muda memanfaatkan Medsos untuk sebarkan kebaikan, ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pembangunan di tanah Papua.

“Kita harap radikalisme, berita hoax kita hilangkan jangan menjadi tradisi budaya baru yang ada di tengah generasi muda,” pintanya.

Rafli Amar menyebutkan Lokabhara  akan dilestarikan kegiatannya dan  menjadi sistem penyelengagaran Kepramukaan di tanah Papua, dan Polda Papua sebagai pembina selalu kerja sama dengan semua pihak agar bisa melaksanakan kegiatan ini setiap tahunnya di bulan Juli. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *