Hari Pertawa Siswa Baru Masuk Diwarnai Sungkeman

Sulo/Radar Merauke
Salah satu siswa baru saat menerima sungkeman atau doa restu dari orang tua mereka. Sang ibu sangat  terharu ketika menerima sungkeman anaknya tersebut.

MERAUKE- Hari pertama masuk  sekolah bagi siswa baru di sekolah  mulai TK, SD, SMP dan SMA-SMK diantar   langsung oleh para orang tua. Bahkan Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan RI  mengimbau agar para orang tua  yang mengantar anaknya  diberi dispensasi apabila terlambat masuk kerja karena mengantar anaknya  yang baru masuk  sekolah. Pengantaran  orang tua bagi siswa baru  ini juga  terjadi di SMAN I Merauke.

     Namun   yang berbeda dengan  yang lainnya, di sekolah   ini ada sesi dimana siswa baru  tersebut  melakukan sungkeman  meminta doa restu kepada  orang tua maupun wali  orang tua mereka  untuk dididik di sekolah ini.    

         Orang tua terutama  ibu-ibu   nampak terharu  saat anak-anak  mereka datang  berlutut  dihadapan mereka. Para orang tuapun membisikan kata  ke teliga anak mereka untuk belajar  dengan sungguh-sungguh untuk dapat meraih   cita-cita mereka.

Kepsek SMAN I Merauke Dra Maria Dewi Goretti Letsoin, M.Pd, mengungkapkan bahwa  orang tua mengantar  anak-anak mereka di hari pertama  sekolah ini karena anak merupakan tanggung jawab dari para orang tua  dan orang tua dengan bebas dan rela menitipkan anaknya di sekolah  untuk dibina. ‘’Tapi bukan dilepas  tapi dibina,’’ katanya.

   Menurut dia, pembinaan akan  berjalan dengan baik ketika orang tua dengan semangat yang sama ikut mendampingi, mengantar dan menitipkan anak ke sekolah.

‘’Terima  kasih kepada seluruh orang tua yang  sudah memberikan perhatian  karena anak-anak kita dalam pertumbuhan dan perkembangannya membutuhkan perhatian dan pendampingan.   Orang tualah yang menjadi sumber utama perhatian dan pengawasan itu,’’ kata Maria.   

   Menurutnya, pengantar  anak ke sekolah di hari pertama ini  mungkin hanya terjadi bagi anak-anak TK, SD, SMP dan SMA/SMK. Tapi  tidak terjadi untuk para mahasiswa.    Dengan harapan, anak-anak bisa membawa kenangan  yang indah. (ulo)    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *