Hari Pertama, Puluhan Orang Tua Padati Sekolah

Takim/Cepos
TUNGGU_Sejumlah orang tua murid di SD Negeri Inpres Kotaraja saat menunggui anaknya yang baru duduk di bangku sekolah dasar, pada hari pertama masuk sekolah, Senin (16/7).

JAYAPURA- Libur kenaikan kelas telah usai, aktivitas belajar mengajar pun kembali digelar. Pada hari pertama masuk sekolah kemarin, sejumlah orang tua ikut memadati lingkungan sekolah, terutama  para orang tua yang anaknya baru  masuk di Sekolah Dasar. Apalagi Wali Kota Jayapura juga telah mengeluarkan imbauan kepada para orang tua untuk mengantar anaknya pada hari pertama masuk sekolah ini.

   Kepala SDN Inpres Kotaraja, Yokbet Dessert S.Pd mengungkapkan bahwa  para orang tua murid sejak pagi sudah memadati SDN Inpres Kotaraja untuk mengantarkan anaknya bersekolah. Dirinya  menilai hal ini sebagai bentuk tanggung jawab  orang tua, apalagi pada siswa-siswi yang baru masuk atau murid baru.

   “Awal masuk sekolah memang seperti ini, lebih khususnya murid baru, pasti minta diantar karena baru beradaptasi dengan lingkungan, guru dan teman yang lain masih canggung,” ungkap Yokbet kepada Cenderawasih Pos di SDN Inpres Kotaraja, Senin (16/7).

   Para orang tua murid pun ikut masuk hingga depan kelas dan juga  Mereka memilih tetap berada di lokasi sekolah dan mengamati aktivitas awal yang dijalani anak-anaknya di sekolah baru.

   Namun pihak sekolah SDN Impres Kotaraja menegaskan bahwa para orang tua murid diberi kesempatan untuk menunggui anaknya  maksimal  satu minggu ke depan dan selanjutnya tidak boleh. Orang tua hanya diperbolehkan mengantar anaknya  sampai di depan gerbang sekolah saja dan selebihnya tanggung jawab para guru yang ada di SDN Inpres Kotaraja. Hal ini juga merupakan upaya untuk melancarkan didikan dari para guru terhadap murid baru.

   “Cukup satu minggu saja, selebihnya tugas guru, nanti kalo ditemani terus akan tidak konsen jadinya karena orang tuanya ada di depan sekolah. Orang tua murid sudah menyerahkan anaknya kepada para guru SDN Impres Kotaraja maka berilah kepercayaan untuk mendidik anak-anak tersebut,”katanya.

   Mirnawati, salah satu orang tua murid,  mengaku mendampngi anaknya di hari pertama sekolah untuk melihat langsung aktifitas anaknya belajar di hari pertama sekolah. “ini kan hari pertama sekolah, jadi anak-anak itu harus didampingi supaya dapat mengenal lingkungan baru sekolahnya, nanti kalo tidak diantar malah jadi nga mau sekolah   anaknya,”ujarnya.

  Situasi tersebut sama halnya yang terjadi di SLB Negeri di Kotaraja, dimana para orang tua murid mengantarkan anaknya kesekolah. Sejumlah orang tua tersebut membawa bekal dan sambil menunggu di depan kelas, kantin sekolah maupun sudut-sudut kelas, bahkan ada pula orang tua murid yang mengintip di jendela kegiatan dari anak-anaknya.(kim/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *