Dorong Pencegahan HIV/AIDS, KPA Papua Gelar Pelatihan Sirkumsisi

KPA for Cepos

Pelatihan sirkumsisi dengan metode prepex yang dilakukan dengan melibat tenaga medis dan ahli bedah dari RSUD Merauke. Pelatihan dilakukan selama sembilan hari dari 3-11 Juli, di Kantor KPA Provinsi Papua dan Pusat Sirkumsisi Sukarela RSUD Jayapura.

JAYAPURA- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua mengelar pelatihan sirkumsisi dengan metode prepex, di Pusat Sirkumsisi Sukarela RSUD Jayapura, Selasa (3/7) lalu.

Kegiatan ini berlangsung selama sembilan hari, dari 3 – 11 Juli, dengan melibatkan peserta pelatihan dari RSUD Merauke.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai pelaksanaan sirkumsisi metode prepex di daerah-daerah.  Di kesempatan kali ini dari Merauke, dimana tenaga-tenaga medis dari RSUD Merauke yang mengikuti pelatihan sirkumsisi prepex di RSUD Jayapura,” jelas Ketua Pokja Sirkumsisi KPA Provinsi Papua, dr. Donald Aronggear, kepada Cenderawasih Pos, Jumat (13/7) lalu.

Proses tahapan pelatihan yang berlangsung selama dua minggu ini berawal dari pelatihan secara teori, yang kemudian disusul dengan praktek simulasi. Sesudahnya, peserta pelatihan dilepas sendiri dalam melakukan sirkumsisi prepex bagi partisipan yang datang ke Pusat Sirkumsisi Sukarela RSUD Jayapura, namun tetap diawasi.

“Peserta pelatihan yang kita latih ini dapat dikatakan sudah professional, sebab mereka merupakan tenaga medis senior, bahkan ada juga yang ahli bedah. Yang membedakan hanyalah mereka biasanya melakukan sirkumsisi manual dan di sini dilatih melakukan sirkumsisi metode Prepex,” tambahnya.(gra/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *