Dana Desa Tahap Kedua Sudah Cair ke Seluruh Kampung

Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura, Subhan, SE

Dok /Cenderawasih Pos

Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura, Subhan, SE

SENTANI- Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jayapura, Subhan, SE, mengungkapkan bahwa untuk pencairan dana desa (ADD) dari pusat sudah cair ke seluruh kampung melalui rekening kampungnya masing-masing.

Menurut Subhan, pencairan dana desa tahap kedua ini tidak terlepas dari pelaporan pertanggungjawaban tahun 2017 yang sudah dilaporkan oleh masing-masing kampung ke Kementerian Keuangan, sehingga pencairan tahap kedua dana desa bisa dicairkan ke setiap kampung di Kabupaten Jayapura.

“Sekarang sudah mencapai 100% sudah cair tahap kedua dana desa ke masing-masing rekening kampung sebesar 40%, karena tahap pertama 20%, sehingga tahap kedua dan ketiga ini masing-masing 40%,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/7) lalu.

Subhan, menjelaskan untuk pencairan dana desa tahap kedua tahun 2018 ini, harus ada pertanggungjawaban dana desa tahun 2017 yang lalu, baik tahap pertama dan tahap kedua, sehingga bisa cair tahap kedua 40%  tahun anggaran 2018. “Mereka kemarin pertanggungjawabannya sudah 100%, sehingga dana desa tahap kedua bisa dicairkan lagi,” jelasnya.

Dia menyatakan untuk tahap ketiga atau tahap terakhir 40% dana desa nanti, maka kampung diwajibkan untuk mempertanggungjawabkan tahap pertama 20% tahun 2018, sehingga bisa dicairkan tahap ketiga atau terakhir sebesar 40%.

“Jadi ADD ini langsung masuk ke setiap rekening masing-masing kampung dan kita pemerintah daerah ini hanya numpang lewat,” ujarnya.

Subhan, berharap dana kampung yang dikucurkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah ini benar-benar menyentuh pembangunan masyarakat di sana. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *