Belum Satupun yang Kembalikan Berkas

Gamel Cepos
SEPI-Sekretariat KPU Kota yang terlihat sepi pada Jumat (13/7) kemarin. Hingga kini disebutkan bahwa belum satu pun Bacaleg yang mengembalikan berkas.

JAYAPURA-Pendaftaran Pilkada Legislatif yang akan berlangsung tahun 2019 mendatang telah dibuka. Hanya saja hingga , Jumat (13/7) kemarin ternyata belum satupun partai politik y ang mengembalikan berkas pendaftaran bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang diusung menjadi Caleg di Kota Jayapura maupun Provinsi Papua. Padahal waktu penutupan tersisa tiga hari. KPU sendiri memberi batas waktu untuk pendaftaran sekaligus pengembalian berkas pada Selasa, 17 Juli 2018.

Ketua KPU Kota Jayapura, Henock Merahabia menyampaikan bahwa hingga Jumat kemarin panitia pendaftaran dan penerimaan berkas masih menunggu Bacaleg. “Sudah ada sekitar 100 orang yang mengambil blanko pendaftaran dan memang cukup banyak, namun yang mengembalikan berkas ini yang belum ada satupun,” kata Henock melalui ponselnya kemarin.

Dikatakan mulai tanggal 4 Juli hingga 17 Juli adalah waktu mendaftar dan melengkapi semua persyaratan. Namun jika minim yang mengembalikan bisa jadi masih berkoordinasi dengan partai pengusung.

“Yang penting ambil blanko dan dilengkapi dulu, sebab kalau sudah tutup maka kami tidak bisa lagi mentolelir,” jelas Henock.
Setelah pendaftaran nantinya akan dilakukan verifikasi dan pihaknya juga memberi waktu untuk perbaikan berkas. “Tapi ingat tanggal 17 pukul 24.00 WIT kami sudah tutup, pagar kami tarik,” bebernya.

Namun Henock juga memprediksi jika di hari terakhir kemungkinan akan menjadi moment dimana Bacaleg ini akan mengembalikan berkas. Beberapa staf KPU yang ditemui Cenderawasih Pos juga menebak seperti itu. Kemungkinan para Bacaleg ini akan menyerbu pada hari terakhir.

“Sebenarnya kalau dimasukkan lebih awal, tentu Bacaleg tersebut akan tahu kekurangannya dimana meski ada waktu untuk perbaikan. Kami menduga nanti di hari terakhir barulah semua berbondong-bondong datang dan itu cukup melelahkan untuk melakukan verifikasi satu persatu,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Tarwinto mengakui, hingga kemarin juga belum ada satu pun partai politik (Parpol) yang mendaftarkan calon legislatif (caleg) ke KPU Papua.

“Ya kita sudah buka pendaftaran caleg pada 3 Juli 2018 lalu,namun sampai saat ini belum ada Parati Politik (Parpol) yang mendaftarkan ke KPU Papua,”ungkap Tarwinto ketika ditemui usai salat Jumat di Kantor Gubernur Papua, Jumat (13/7).

Kata Tarwinto,pendaftaran untuk caleg ini sampai tanggal 17 Juli 2018 nanti.Dengan catatan dimana KPU Papua akan tetap membuka pendaftaran hingga pukul 16.00 pada 16 Juli 2018. Sementara itu pada tanggal 17 Juli 2018, KPU Papua akan membuka pendaftaran sampai tengah malam, sebagaimana aturan perundang-undangan yang ada.

“Yang pasti kita tetap menunggu. Hanya sampai saat ini belum ada yang mendaftar. Penyebabnya kita belum tahu namun biasanya pendaftaran akan ramai jelang hari terakhir pendaftaran nanti,ujar Tarwinto.

Menurut Tarwinto salah satu kendala yang dihadapi bacaleg adalah terkait persyaratan, dimana untuk pengurusan surat keterangan sehat sebagaimana Surat Edaran KPU RI, hanya menunjuk empat rumah sakit yang memenuhi kriteria dan standar akreditasi, yaitu, RSUD Jayapura , RSUD Abepura, RSUD Mimika dan RSUD Merauke.

“Memang ada juga baru terbit surat edaran 633 dari KPU RI, dimana membolehkan caleg hanya melampirkan surat keterangan sehat dari rumah sakit lain sepanjang hasil pemeriksaannya dilampirkan,”terang Tarwinto.

Lanjut Tarwinto, untuk pelaksanaan Pileg di Papua KPU Provinsi Papua telah membagi daerah pemilihan menjadi tujuh. Dimana untuk DPR RI tersedia 10 kursi yang akan diperebutkan seluruh Parpol.Sedangkan kursi DPR Papua tetap sebanyak 55 kursi yang bakal diperebutkan parpol di tujuh dapil yang ada.

“Tentu kita berharap agar Parpol yang sudah lengkap persyaratan Calegnya agar segera lakukan pendaftaran. Dan paling penting bisa lengkapai semua persyaratan yang diminta sesuai aturan yang ada,”tutup Tarwinto.(ade/ans/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *