Pilkada Paniai, 1000 Personil Stand By

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar saat berbincang dengan Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki diacara pembinaan tradisi memperingati Hari Bhayangkara ke 72, Rabu (11/7) kemarin.

Kapolda Nilai, Secara Umum, Pilkada di Papua Berjalan Lancar

JAYAPURA- Sebanyak 1000 personil Polres Paniai dan Bantuan Kendali Operasi (BKO) sudah berada di Kabupaten Paniai guna mengamankan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paniai yang rencananya akan digelar pada 25 Juli mendatang. Hal tersebut disampaikan Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar kepada Wartawan di Auditorium Uncen usai kegiatan pembinaan tradisi memperingati Hari Bhayangkara ke 72, Rabu (11/7) kemarin.

  “ Untuk penambahan personil nantinya perlu adanya evaluasi, yang jelas 1000 personil sudah stand by di Kabupaten Paniai untuk mengamankan proses pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati nantinya,” terangnya.

  Dikatakan, kondisi Pania hingga saat ini kondusif namun yang perlu diantisipasi adalah ketidak sukaan masyarakat terhadap paslon tertentu saja.  “Yang sekarang kita dorong adalah persiapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.

  Rafli Amar berharap, Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) perlu melakukan konsolidasi dan sosialisasi terkait dengan Pasangan Calon yang akan bertarung pada Pilkada Paniai nantinya.

“Kita dorong KPU untuk lakukan sosialisasi yang maksimal, sehingga masyarkat sadar dan  mengetahui bahwa Pilkda di Kabupten Paniai diikuti oleh beberapa Paslon dan  itu hak KPU untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat,” katanya.

Rafli Amar juga mengaku hingga saat ini masih terjadi perbedaan pendapat antara KPU Kabupaten dan KPU Provinsi.
  Sementara itu, KPU Provinsi Papua telah melakukan pleno penetapan pemenangang calon Gubernur Papua beberapa hari lalu. Secara umum pihak keamanan dalam hal ini Polisi menganggap semua proses Pilkada Gubernur telah berjalan baik. Meski sedikit terjadi riak-riak namun pelaksanaan hingga waktu pleno kemarin aman terkendali. Kapolda Irjend Pol Boy Rafli Amar menyampaikan bahwa dari pelaksanaan Pilkada serentak, untuk Pilkada Gubernur terbilang lancar. Saat ini hanya tersisa Pilkada Bupati, Paniai yang diagendakan akan digelar pada 25 Juli.

“Saya melihat hingga pada tahap penghitungan semua berjalan lancar meskipun waktu berbeda-beda, ada tanggal 3 Juli sudah selesai, ada yang tanggal 4 Juli baru mulai. Dari sisi jadwal bisa dibilang tak ada yang meleset karena surat suara yang telah dihitung di kabupaten telah diterima tanggal 9 Juli sehingga saat diplenokan semua sudah lengkap,” kata Boy Rafli Amar.

  Pilkada Papua sendiri sempat muncul situasi yang tak mengenakkan dimana dua personil Polisi dan seorang warga sipil akhirnya tewas dalam menjalankan tugas.  Meski  demikian Polda Papua menyatakan kejadian tersebut tak berkaitan dengan upaya untuk mengganggu terselenggaranya Pilkada karena Pilkada di Kabupaten Mamberamo dan Puncak Jaya tetap dilakukan.

  Selain itu muncul juga persoalan penghitungan di Jayawijaya dan Timika. Namun situasi ini telah ditangani. Yang tersisa adalah Pilkada Bupati di Paniai. “Untuk Pilkada Paniai semoga tanggal 25 Juli sudah bisa dilaksanakan namun kami masih menunggu kabar terakhir dari KPU. Untuk pengamanannya nanti kami geser pasukan dari Kabupaten Nabire dan Kabupaten Dogiyai. Personil ini akan diperbantukan ke Enarotali.

“Saat ini yang kami dorong adalah persiapan dari KPU. KPU kami harap  bersama PPD dan PPS terus mensosialisasikan tentang Paslon agar masyarakat di Paniai juga memahami siapa yang akan maju. Ini hak KPU untuk menjelaskan kepada masyarakat dan pada prinsipnya kami siap mengamankan,” katanya. Kapolda juga menyinggung soal pengungsi di Nduga yang menurutnya saat ini tak ada lagi pengungsian. “Yang terjadi itu tanggal 22, 23 dan 25 Juni dan mereka ke Timika tapi sebagian besar adalah pedagang. Cuma sekarang sudah jauh lebih kondusif, pungkasnya. (fia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *